Mellennial

Aplikasi Muslim Makin Banyak, Simak Tips Cara Pilih Paling Cocok

Sekarang ini banyak aplikasi yang benar-benar memanjakan pengguna smartphone. Termasuk dalam urusan ibadah.

Aplikasi Muslim Makin Banyak, Simak Tips Cara Pilih Paling Cocok
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

SEKARANG ini, banyak aplikasi yang benar-benar memanjakan pengguna smartphone. Tak hanya terkait dunia hiburan, dalam urusan ibadah pun sudah banyak aplikasi.

Hal itu tentu akan sangat membantu umat muslim dalam menjalankan ibadah agar bisa lebih mudah dan tepat waktu.

Salas Adrian, misalnya. Siswa SMK kelas 2 ini sengaja mengunduh aplikasi Muslim Pro, agar ia bisa mengingat waktu saat salat. Dan juga bisa mencari masjid yang terdekat dengan posisinya.

"Kalau lagi di luar apalagi di mal, nggak tahu udah azan apa belum. Jadi kalau ada aplikasi ini, saya bisa tau kapan azan. Dan ada Alquran digital, jadi waktu senggang bisa mengaji sekalian," katanya.

Tidak hanya Salas tetapi Mahesti juga menggunakan aplikasi Muslim Pro sebagai pengingat waktu salat. Karena aplikasi tersebut akan otomatis berbunyi saat azan berkumandang.

"Selain itu saya juga menggunakannya untuk membaca doa - doa dan membaca inspirasi harian," ungkapnya.
Saat ini, Muslim Pro termasuk salah satu acuan aplikasi Islam yang terbaik menurut Aplikasi store. Dan Muslim Pro tidak hanya untuk android tetapi juga bisa di-download oleh Apple Store.

"Fiturnya bermacam-macam, ada untuk mengingat waktu salat berdasarkan waktu kita terakhir kali atau waktu kita saat ini. Aplikasi ini memerlukan bantuan GPS. Bahkan saat Ramadan akan dilengkapi dengan waktu Imsak," ujar Mahesti.

Selain dapat mengingat waktu salat, aplikasi ini terdapat Alquran digital dengan pilihan tulisan arabnya. Selain itu dilengkapi juga dengan fitur reminder yang berfungsi untuk mengingatkan waktu terbaik untuk membaca Alquran. Dan tidak ketinggalan dengan penerjemannya yang lebih dari 40 penerjemah.

Ada juga tasbih digital, yang bentuk di layar seperti tasbih. Jadi kita tinggal geser setiap bulatan dalam satu talinya. Layaknya tasbih sesungguhnya. Dalam satu tali ada 33 bulatan. Ada jumlah setiap satu kali putaran.

"Kiblat juga ada dengan menggunakan GPS, lalu ada kumpulan beragam doa-doa. Data masjid terdeteksi berdasarkan GPS juga, rumah makan halal di sekitar kita juga dari GPS," ungkapnya.

Saat jelang Idulfitri, kita biasanya membayar zakat fitrah dan mal. Dan aplikasi ini juga ada kalkulator untuk menghitung zakat harta kita. Dari penghitungan uang cash, mas, batu mulia, investasi bergerak atau tidak bergerak, aset pertanian, hingga investasi batu mulia. Semua akan bisa dikalkulasikan dengan memadukan nominal dari setiap harta yang kita punya.

"Lalu ada kalender Islam lengkap dengan hari besarnya, tracker puasa, dan prayer request yang bisa diposting pada aplikasi tersebut. Dan pengguna akan mengetahuinya. Dalam sebuah forum yang bernama prayer request," kata Amar yang juga dosen animasi di Politeknik Negeri Batam.

Tidak perlu takut ketinggalan salat dan melakukan ibadah lain ya guys. Jika aplikasi tersebut kurang memuaskan, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi ini ya. (*)

Tips
Pilih Aplikasi untuk Muslim
1. Salatuk (Prayer Time) dapat melihat jadwal salat, tanggal Islam, arah kiblat, mengingatkan waktu jelang salat berikutnya.
2. Kiblat Pro, menentukan arah salat dan waktu azan
3. Athan: Ramadan 2018 terdapat fitur waktu sahur, iftar (berbuka puasa), jadwal puasa 2018 - 1439 H, doa puasa, kalender ramadan, dan buku untuk log puasa harian Anda. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help