Dipilih Lagi Jadi PM Lebanon, Saad Hariri Tegaskan Tetap Jalankan Kebijakan Disasosiasi

Parlemen Lebanon kembali menunjuk Perdana Menteri Saad Hariri untuk melanjutkan tugasnya sebagai kepala pemerintahan.

Dipilih Lagi Jadi PM Lebanon, Saad Hariri Tegaskan Tetap Jalankan Kebijakan Disasosiasi
ANWAR AMRO / AFP
Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri yang mengundurkan diri pada Sabtu (4/11/2017). 

TRIBUNBATAM.id, BEIRUT - Parlemen Lebanon kembali menunjuk Perdana Menteri Saad Hariri untuk melanjutkan tugasnya sebagai kepala pemerintahan.

Ini menjadi masa jabatan ketiga yang diemban Hariri sebagai perdana menteri.

Kepresidenan telah membuat pengumuman setelah Hariri mendapat dukungan dari mayoritas anggota parlemen usai dilakukannya konsultasi selama beberapa jam.

"Kepala negara telah memanggil Perdana Menteri Saad Hariri dan menugaskannya untuk segera membentuk pemerintahan," tulis pernyataan kantor kepresidenan Lebanon melalui akun media sosialnya.

Hariri, dalam pernyataannya, mengatakan siap menjalankan perintah Presiden Michel Aoun dan akan membentuk pemerintahan baru secepat mungkin.

Hariri menambahkan, bakal melaksanakan reformasi yang dijanjikannya awal tahun ini untuk mengamankan bantuan asing yang utama.

"Saya berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk membentuk pemerintahan baru. Saya harap akan dapat melaksanakannya sesegera mungkin demi Lebanon dan rakyat Lebanon," kata Hariri.

Hariri turut menegaskan kembali kebijakan "disasosiasi" yang akan dijalankannya.

Baca: BREAKINGNEWS: McDermott Kantongi Empat Proyek Baru, Segera Rekrut Ribuan Pekerja

Baca: Daftar Besaran THR Pimpinan-Pegawai Non PNS Lembaga Nonstruktural. Besarnya sampai Puluhan Juta

Kebijakan tersebut sebagai upaya untuk menjaga Lebanon tetap di luar konflik-konflik yang terjadi di kawasan Timur Tengah.

"Pemerintahan baru perlu untuk mengkonsolidasikan kebijakan diasosiasi dan melanjutkan upaya menghadapi krisis pengungsi," kata dia.

Negara di kawasan Timur Tengah ini telah menjadi tujuan dari para pengungsi Suriah yang melarikan diri dari peperangan di kampung halamannya.

Namun para pengungsi ini secara nyata menyebabkan pertambahan penduduk di Lebanon yang cukup pesat.

Selaku Perdana Menteri, Saad Hariri telah menjabat dalam dua periode, yakni sejak 2009 hingga 2011 dan pada 2016 hingga 2018.

(kompas.com/Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saad Hariri Lanjutkan Tugas Perdana Menteri untuk Masa Jabatan Ketiga"

Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help