Mellennial

Ingin Kuliah Sambil Kerja? Simak Triknya Agar Keduanya Sukses

Harus menjalani kuliah sambil bekerja sekaligus? Biar keduanya bisa berjalan mulus dan sukses simak dulu yuk triknya.

Ingin Kuliah Sambil Kerja? Simak Triknya Agar Keduanya Sukses
TRIBUNBATAM/ISTIMEWA

KULIAH sambil kerja, dua aktivitas yang sama-sama membutuhkan keseriusan dan konsentrasi tinggi sudah pasti banyak menguras energi dan pikiran.

Meski tak mudah, ternyata banyak juga lho kalangan mellennials yang rela bercapek-capek menuntut ilmu sambil bekerja.

Seperti yang dilakukan Devina Wistiasari, mahasiswa UIB semester 8 ini menceritakan bahwa dari hasil bekerja ia bisa kuliah sampai sekarang. Menurutnya, kedua aktivitas tersebut baik kuliah maupun bekerja sama-sama penting. Sehingga, Devina berusaha mencari pekerjaan yang tidak menganggu jadwal kuliahnya.

"Prioritas tetap kuliah makanya Devin cari kerja yang bisa memahami Devin yang sedang kuliah. Setiap orang sebenernya punya waktu yang sama, tinggal pandai-pandai mengaturnya saja. Nggak ada istilah nggak ada waktu, everyone have 24 hours, but not everyone get it," ungkapnya.

Tidak hanya Devina, kuliah sambil bekerja juga dirasakan Indah Zul Adha Yeni, yang saat ini berkuliah di Karya Anak Bangsa Public Speaking School semester tiga.

Indah merasa tidak terlalu pusing dengan pekerjaannya karena kuliahnya malam hari.

"Kalau kesehatan yang selalu saya perhatikan, karna kalau udah sakit bakalan fatal ngerusak semua kegiatan. Jadi perhatikan pola makan, jangan sampai nggak makan, dan juga harus tidur cukup," ungkapnya.

Tidak ada masalah kuliah sambil bekerja asalkan kamu masih bisa membagi waktu dengan baik. Antara kuliah, bekerja, dan istirahat.

"Kelola waktu dengan baik karena kerja dan kuliah adalah dua hal penting. Kita bisa membuat catatan aktivitas yang akan dilakukan setiap hari karena berbekal catatan itu, akan sangat membantu agar aktivitas kita terarah," kata Fitri, mahasiswa jurusan akuntansi di UIB dan bekerja sebagai quality control di PT Satnusa.

Kuliah sambil bekerja pastilah akan tetap menemui kendala. Baik itu berasal dari dalam diri maupun dari luar diri kita sendiri. Masalah yang dihadapi saat kuliah dan bekerja tentu berbeda, hal ini kita dituntut untuk bersikap profesional dan jangan jadikan segala hambatan sebagai suatu permasalahan.

"Jadikan hambatan sebagai tantangan yang harus ditaklukkan. Selain membuat skala prioritas, kita juga harus tetap menjaga kesehatan. Jika ada waktu istirahat, gunakan waktu tersebut untuk istirahat. Dan bisa dibantu dengan konsumsi vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh," ungkapnya.

Saat dua kegiatan penting datang bersamaan, maka prioritaskan mana yang paling penting. Fitri mengatakan, saat ada waktu untuk belajar, maka dia gunakan waktu untuk belajar dan fokus untuk belajar.

Tapi kalau kalian merasa tidak bisa menjalankan kerja full time sambil kuliah, sebaiknya bekerja secara freelance saja.

"Kerja 8 jam dalam sehari berbeda dengan freelance, jadi harus benar-benar bisa bagi waktu. Jangan sampai kerja menganggu kuliah. Dan yang terpenting bisa bertanggung jawab dengan apa yang sudah kamu putuskan," paparnya. (*)

Tips
Sukses Raih Karier Sambil Belajar
1. Buat jadwal untuk kegiatan seminggu ke depan. Agar lebih fokus dan terarah
2. Isi tubuh dengan asupan yang sehat dan perbanyak minum air putih
3. Atur pola makan yang teratur
4. Atur waktu tidur sebaik mungkin
5. Manfaatkan link di perusahaan untuk acara kegiatan di kampus
6. Bersikap profesional, tidak menggabungkan antara pekerjaan dengan kuliah, karena itu pilihan hidup Anda. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved