Suka Duka Kru Kapal Pelni! Begini Kondisi Ruang Kemudi Kapal dan Kisah di Baliknya!

Beginilah penampakan ruang kemudi kapal Pelni pengangkut penumpang mudik ke Tambelan dan sekitarnya! Ini kisah-kisah di baliknya!

Suka Duka Kru Kapal Pelni! Begini Kondisi Ruang Kemudi Kapal dan Kisah di Baliknya!
tribunbatam/aminnudin
Suasana ruang kemudi dan navigasi kapal Pelni, Senin (28/5/2018) 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN-"Selamat siang pada penumpang dan anak buah kapal, lebih dari satu jam mendatang kapal penumpang KM Sabuk Nusantara akan segera diberangkatkan,

kepada pengantar dan buru buru bagasi harap segera turun dari kapal karena kapal segera diberangkatkan..!"begitu pengumuman yang disampaikan petugas kapal di ruang kemudi, Senin (28/5/2018) siang.

Baca: Suka Duka Pasukan Raider! Harus Sanggup Lari Puluhan Kilometer hingga Tidur di Bawah Hujan Deras!

Baca: Menyegarkan! Inilah Es Susu Kurma, Tantangan Baru Buka Puasa! Begini Bikinnya!

Baca: Mengejutkan! Inilah 4 Tokoh Sejarah Dunia Dengan Kisah Paling Aneh! Nomor 3 Paling Heboh!

Baca: Mengejutkan! Inilah 5 Buah Penghilang Karang Gigi Sekaligus Pemutih Gigi! Mentimun Paling Dahsyat!

Suara itu terpancar di setiap dek. Sejumlah buru dan pedagang asongan menuruni kapal mengikuti pengunguman.

Senin siang itu, Kapal KM Sabuk Nusantara yang dinahkodai kapten Sunarto tarik jangkar meninggalkan dermaga Pelabuhan Sribayntan Kijang menuju Pelabuhan Tambelan. Kapal membawa hampir 300 penumpang.

Pelayaran KM Sabuk Nusantara dari Kijang ke Tambelan memakan waktu tempu 22 jam. Dari Tambelan, kapal diberangkatkan menuju Pontianak, Kalimantan Barat. Selama berjam jam kapal berada di tengah lautan.

Dalam pelayaran yang sangat panjang tersebut, apa saja kegiatan awak kapal di ruang kemudi?

Sunarto, kapten KM Sabuk Nusantara menuturkan, mereka akan mengontrol setiap menit arah kemudi dan keselamatan pelayaran.

Mereka berbagi tugas dengan tiga perwira kapal yang disebut mualim, mualim 1, mualim 2, dan mualim 3.

"Kita bagi tiga shift antar mualim dalam satu hari. Sekarang tugas mualim satu menjaga kemudi, mengawasi kapal setiap saat, mengamati posisi kapal.

Mulai bekerja mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB. Usai itu kemudi akan diambil alih mualim 3 yang akan bekerja sampai jam 12 malam. Kemudian jam 12 malam ditukar lagi sama mualim 2 sampai jam empat subuh, begitu seterusnya,"ucap Narto.

Kesibukan tugas tak hanya di ruang kemudi. Pun demikian di bagian ruang mesin. Sama dengan mualim, bagian mesin juga dijaga tiga masinis, yakni masinis 1, masinis 2 dan masinis 3.

Suasana ruang kemudi dan navigasi kapal Pelni, Senin (28/5/2018)
Suasana ruang kemudi dan navigasi kapal Pelni, Senin (28/5/2018) (tribunbatam/aminnudin)

Selain mualim, kerja kerja kapal juga dibantu bagian navigasi di luar kapal. Navigasi mengarahkan juru kemudi untuk melewati rambu rambu kapal saat bergerak meninggalkan dermaga.

Ruang kemudi kapal dilengkapi sejumlah peralatan navigasi. Di antaranya global position system (GPS). Peralatan ini berfungsi menentukan posisi lintang dan bujur kapal, menentukan kecepatan hingga jarak tempu.

Juga dilengkapi sonar dan echousounder, alat ini berfungsi mengukur kedalaman air laut. Alat lain adalah radar. Alat lain adalah radio detection and ranging (radar),

peralatan navigasi untuk mendeteksi dan mengukur jarak suatu obyek di sekeliling kapal. Dan dilengkapi juga teropong untuk melihat objek di depan kapal dengan lebih detail.(*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help