Perang Suriah

AS Langsung Ancam akan Serang Suriah Jika Pemberontak SDF Diganggu-gugat

Militer Amerika Serikat ( AS) langsung bereaksi menanggapi ancaman yang dilontarkan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

AS Langsung Ancam akan Serang Suriah Jika Pemberontak SDF Diganggu-gugat
youtube
Amerika Bombardir Suriah, 14 April 2018 

TRIBUNBATAM.id, WASHINGTON DC - Militer Amerika Serikat ( AS) langsung bereaksi menanggapi ancaman yang dilontarkan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Direktur Staf Gabungan Pentagon, Letjen Kenneth McKenzie, berkata AS bakal membalas jika pasukan Assad menyerang mereka atau sekutu mereka, Pasukan Demokratik Suriah (SDF).

"Semua pihak di Suriah seharusnya mengerti, menyerang AS dan sekutunya merupakan tindakan buruk," kata McKenzie dilansir Russian Today Jumat (1/6/2018).

Dia berkata, sekitar 2.000 personel militer AS yang bergabung dengan SDF saat ini bermarkas di At-Tanf yang berbatasan dengan Jordania.

RT melaporkan, tidak seperti Rusia yang diundang langsung oleh Assad, keberadaan AS di Suriah mengacu hukum internasional.

Di Suriah, AS menggelar operasi militer gabungan untuk mengusir kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dengan izin dari kongres.

"Tidak ada yang berubah. Kami tetap bertahan. Kawasan zona non-konflik penting dipertahankan, dan kami bakal memperhatikan setiap aksi dengan saksama," tutur McKenzie.

Selain McKenzie, juru bicara SD Kino Gabriel berkata bahwa opsi militer yang ada di benak Assad bakal memberikan kerugian tambahan bagi rakyat Suriah.

Dilaporkan Radio Free Europe, Gabriel mengatakan penggunaan militer hanya mendatangkan kehancuran lebih banyak bagi masyarakat.

"Yang kami butuhkan adalah sistem demokrasi yang adil, bebas, yang menyentuh masyarakat dari seluruh etnis dan golongan," kata Gabriel.

Sebelumnya, Assad menyebut ada dua opsi yang dia pikirkan untuk merebut sisa wilayah di Suriah yang masih dikuasai SDF.

Pilihan pertama adalah membuka negosiasi dengan pemberontak. Assad yakin cara itu mempunyai kans berhasil karena mereka pasti tidak ingin dikendalikan negara lain.

Yang kedua, Assad menegaskan bakal mengerahkan pasukannya untuk mengusir paksa AS dan SDF. "Ini adalah tanah kami. Adalah tugas kami untuk membebaskannya," tegasnya. (kompas.com/Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "AS Ancam Kerahkan Militer jika Suriah Serang Sekutunya"

Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved