Dalam Sepekan Dua Kecelakaan di Jalinbar, Bupati Bintan Ikut Prihatin! Ini Pesannya ke Dishub Kepri!

Bupati Bintan menginstruksikan Dishub berkoordinasi dengan Dishub Kepri menyusul seringnya kasus lakalantas di jalinbar!

Dalam Sepekan Dua Kecelakaan di Jalinbar, Bupati Bintan Ikut Prihatin! Ini Pesannya ke Dishub Kepri!
tribunbatam/aminuddin
Kondisi sepeda motor korban ringsek saat diangkut mobil Satlantas Polres Bintan, Senin (4/6/2018) 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN-Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan mencatat sejumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jalur Lintas Barat, Kabupaten Bintan akhir-akhir ini  didominasi para pengendara khususnya dari kalangan remaja dan usia produktif.

Ada beberapa poin di balik penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, baik pengendara roda empat maupun roda dua.

Bupati Bintan  Apri Sujadi menyikapi beberapa point' diantaranya seringnya kecelakaan terjadi di Jalan Lintas Barat karena pengemudi lalai dan selalu tidak fokus di jalan.
Kedua, menurutnya kecepatan saat memacu kendaraan menjadi penyebabnya.

Baca: BREAKINGNEWS: Mau Tahu THR Ketua DPRD Kepri dan Anggotanya? Ini Besarannya!

Baca: Terungkap! Inilah Alasan Kenapa Hantu Putih Kopassus Bikin Ribuan Pemberontak Menyerah!

Baca: Mengejutkan! Inilah 5 Buah Penghilang Karang Gigi Sekaligus Pemutih Gigi! Mentimun Paling Dahsyat!

Dimana, pengendara kerap memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Padahal, semakin cepat laju kendaraan maka semakin sulit pula untuk dikontrol. Ketiga, pengemudi kerap ceroboh dan berpindah jalur seenaknya. Dari kiri ke kanan, atau sebaliknya sehingga membuat pengendara di belakang bingung.

Sementara, point ke empat yakni para pengendara khususnya pengemudi remaja kerap masih labil dan tidak bisa mengendalikan emosi yakni seringnya kebiasaan nekat melawan arus.
Jika pengemudi menyadarinya, resiko yang ditimbulkan akibat melawan arus bisa berdampak kepada pengemudi lain.

"Faktanya kesadaran berkendara yang baik itu penting, penggunaan sabuk pengaman untuk mengurangi resiko cedera hingga 61 persen. Sementara penggunaan helm bisa mengurangi resiko hingga 45 persen, " ujarnya , Selasa (5/6/2018) siang.

Kondisi mobil tabrakan maut dengan pemotor di jalinbar Bintan, Senin (4/6/2018)
Kondisi mobil tabrakan maut dengan pemotor di jalinbar Bintan, Senin (4/6/2018) (tribunbatam/aminuddin)

Dirinya pun menghimbau meski pengendara sudah berkonsentrasi saat berkendara, disarankan sebaiknya tetap waspada terhadap kondisi di sekitar. Mengingat, kecelakaan juga bisa disebabkan karena kelalaian pengendara lain.

"Selain beberapa point' penting diatas , kita juga sudah meminta agar Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan berkoordinasi ke Dinas Perhubungan Provinsi Kepri agar Jalur Lintas Barat mungkin bisa dialokasikan guna penambahan rambu-rambu peringatan bagi pengendara di jalan raya khususnya dibeberapa titik-titik rawan lakalantas, mengingat Jalan Lintas Barat memiliki status Jalan Nasional " ujarnya

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa kesiapan armada mudik gratis ke Tambelan terus dimatangkan. Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan sudah menyiapkan armada Kapal Cepat MV. VOC Batavia yang rencananya akan berangkat 2 trip sebelum lebaran dan 2 trip sesudah lebaran.

"Rencananya trip pertama ke Pulau Tambelan akan berangkat Sabtu ini, tanggal 09 Juni 2018 melalui pelabuhan Navigasi Kijang, tekhnisnya nanti dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan," tutupnya. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help