Imunisasi Campak dan Rubella, Dinkes Tanjungpinang Sasar 56.031 Anak! Ini Manfaatnya!

Dinkes Tanjungpinang kampanye imunisasi campak dan rubella. Ada 5000 lebih anak menjadi sasaran imunisasi!

Imunisasi Campak dan Rubella, Dinkes Tanjungpinang Sasar 56.031 Anak! Ini Manfaatnya!
tribunbatam/munirul ikhwan
Pj Walikota Tanjungpinang Raja Ariza menandatangani komitmen bersama mensukseskan kampanye MR. 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang melaksanakan Kampanye dan Introduksi Imunisasi Measles dan Rubela (MR) Fase II Tahun 2018.

Kegiatan yang dihadiri oleh lintas sektor dan lintas program tersebut digelar di Hotel Aston, Tanjungpinang, Selasa (5/6/2018). Pada kesempatan tyersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama untuk kesuksesan program tersebut.

Baca: Terungkap! Inilah Alasan Kenapa Hantu Putih Kopassus Bikin Ribuan Pemberontak Menyerah!

Baca: Wow! Dapatkan Rumah Hadiah Pernikahan, Begini Isi Rumah Pangeran Hary dan Meghan Markle!

Baca: Ini Risikonya! Jangan Sembarangan Menghangatkan Masakan, Perhatikan Hal Ini Dulu!

Baca: Mengejutkan! Inilah 5 Buah Penghilang Karang Gigi Sekaligus Pemutih Gigi! Mentimun Paling Dahsyat!

Penjabat Walikota Tanjungpinang, Raja Ariza menjelaskan MR merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang memerlukan upaya pencegahan efektif.

Untuk itu, dia menghimbau seluruh komponen masyarakat berperan aktif mensukseskan kegiatan kampanye ini agar penyakit Campak dan Sindroma Rubella dapat dieliminasi.

“Tentunya dalam pencegahan campak dan rubella ini kita memerlukan Sumber Daya Manusia yang paham, logistik yang cukup banyak dan tentunya adalah dukungan, peran serta seluruh masyarakat, lintas sektor dan lintas program sehingga seluruh anak terimunisasi MR dan Tanjungpinang bebas campak serta Rubella," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Rustam menjelaskan kegiatan kampanye tersebut berupa imunisasi

secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia sembilan tahun sampai 15 tahun tampa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

"Imunisasi ini sifatnya wajib bagi anak lelaki dan perempuan. Tujuannya untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap penularan penyakit campak dan rubella yang dapat menimbulkan kecacatan dan kematian," katanya.

Pj Walikota Tanjungpinang Raja Ariza menandatangani komitmen bersama mensukseskan kampanye MR.
Pj Walikota Tanjungpinang Raja Ariza menandatangani komitmen bersama mensukseskan kampanye MR. (tribunbatam/munirul ikhwan)

Menurutnya untuk menyukseskan program tersebut perlu dukungan dari semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat.

Kegiatan ini telah dilakukan pada tahun 2017 yang merupakan kampanye fase pertama di semua Provinsi di Pulau Jawa. Pada tahun 2018 ini memasuki fase kedua termasuk di dalamnya adalah kampnye MR yang dilaksanakan di Kota Tanjungpinang.

Imunisasi MR fase II ini dilakukan dua tahap yakni Bulan Agustus di sekolah dan September di fasilitas kesehatan seperti Posyandu, Puskesmas dan Rumah Sakit.

"Kegiatan ini menyasar 56.031 anak," katanya.

Jumlah tersebut terdiri dari siswa SMP 11.811 anak, SD dan MI 25.330, TK dan PAUD 4.781, Posyandu dan posbang sasaran 13.961 dan SMK, SMA dan anak usia 7-15 yang tidak sekolah.

Menurutnya dengan kegiatan tersebut kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella. Kemudian juga mengganti vaksin campak dengan vaksin kombinasi Campak dan Rubella.(*)

Tags
campak
Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help