Mellennial

Sakit Maag saat Bulan Puasa, Begini Cara Menyiasatinya!

Memiliki penyakit lambung merupakan tantangan saat harus menjalankan ibadah puasa. Terutama saat asam lambung kita naik? Simak cara menyiasatinya.

Sakit Maag saat Bulan Puasa, Begini Cara Menyiasatinya!
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

TELAT makan dan perut kosong adalah dua hal yang menjadi musuh penderita maag. Namun, bagi umat muslim yang mewajibkan puasa Ramadan, bagaimana menyiasatinya agar puasa tetap lancar meskipun punya riwayat sakit maag?

Mahesti, seorang karyawati perusahaan swasta di Batam mengaku pernah tidak puasa selama beberapa hari karena asam lambung naik.

"Jadi sebelum sahur, saya minum obat maag dulu. Karena minum obat maag itu ampuh banget," ujarnya.

Sama halnya dengan Mahesti, Azizah, mahasiswi di Batam ini mengatakan bahwa setiap buka puasa dan sahur harus minum obat. Jadi saat menjalani puasa, ia akan tahan untuk menjalani puasa.

"Tapi saya kadang tidak minum obat, cuma ditahan-tahan aja. Paling mual aja jadi dibawa tidur. Soalnya disuruh tahan aja, alhamdulillah tahan," ungkapnya.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, Rumah Sakit Awal Bros Batam, Brain Gantaro, SpGK mengatakan, maag secara umum sakit di ulu hati, paling sering karena masalah lambung karena luka atau tukak.

"Sebenarnya waktu puasa itu tidak makan dan tidak minum produksi asam lambung tidak sebanyak hari biasa dengan makanan karena makanan dapat merangsang sekresi asam lambung. Waktu makan, seolah asam lambung dienceri oleh makanan, tapi pasien yang sudah sakit maag tetap terasa sakit," katanya saat ditemui di Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Puasa sama halnya diet pada lambung karena tak ada asupan yang masuk selama 14 jam. Serta selama sebulan penuh, seseorang makanannya tepat waktu.

Adapun prinsip diet pada penyakit lambung, menurut Brain, di antaranya, pasien dianjurkan untuk makan secara teratur, tidak terlalu kenyang.

Makanan yang dikonsumsi harus mengandung cukup kalori dan protein, namun kandungan lemak atau minyak khususnya yang jenuh harus dikurangi. Makanan pada diet lambung harus mudah dicerna dan mengandung serat makanan yang halus (soluble dietary fiber).

Halaman
12
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help