7 Hal Penting yang Patut Diketahui Para Pemudik Agar Tetap Bisa Dapatkan Layanan BPJS Kesehatan

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KlS) tidak perlu khawatir saat libur lebaran tahun 2018.

7 Hal Penting yang Patut Diketahui Para Pemudik Agar Tetap Bisa Dapatkan Layanan BPJS Kesehatan
tribun batam
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam Zoni Anwar Tanjung saat memberikan informasi pelayanan selama libur mudik lebaran, Selasa (5/6/2018). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KlS) tidak perlu khawatir saat libur lebaran tahun 2018.

Pada H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni 2018, peserta JKN-KlS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Idul fitri.

Jaminan pelayanan tentunya dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Berikut prosedur bagi peserta JKN-KIS saat mudik:

1. Saat berada di luar kota

Untuk peserta JKN-KIS yang mudik, apabila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Dalam layanan JKN-KIS ada prinsip portabilitas yang bisa dirasakan saat-saat mudik lebaran.

Sesuai dengan peraturan perundangan dan yang selama ini sudah berjalan, peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP tersebut.

"Hal tersebut juga sudah menjadi bagian dari perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan faskes, dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Zoni Anwar Tanjung dalam konferensi pers sekaligus buka bersama BPJS Kesehatan, Senin (4/6/2018).

2. Tidak harus di Puskesmas

Halaman
1234
Penulis: Anne Maria
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved