Cuti Bersama Lebaran, Semua Puskesmas Tanjungpinang Buka! Tiga Puskesmas Ini Buka 24 Jam!

Selama cuti bersama Lebaran, semua Puskesmas di Tanjungpinang tetap buka hingga pukul 12.00 WIB, kecuali tiga Puskesmas ini justru buka 24 jam!

Cuti Bersama Lebaran, Semua Puskesmas Tanjungpinang Buka! Tiga Puskesmas Ini Buka 24 Jam!
Tribunbatam/M Ikhwan
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk (Dinkes Dalduk dan KB) Kota Tanjungpinang Rustam menegaskan bahwa selama libur dan cuti bersama Idul Fitri pelayanan kesehatan di Kota Tanjungpinang tetap buka.

Untuk Puskesmas, pelayanan buka setiap hari kecuali hari Minggu. "Semua Puskesmas buka pelayan setiap hari kecuali Minggu. Jam buka mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB," katanya, Jumat (8/6/2018) siang.

Baca: Ulang Tahun ke-13, Penampilan Terbaru Putri Ariel dan Sarah Amalia Mengagetkan!

Baca: Terungkap! Inilah 5 Kecelakaan Pesawat Paling Tragis di Indonesia, Nomor 3 Pilot Diduga Bunuh Diri!

Baca: Mengejutkan! Inilah 6 Hal Akan Terjadi di Tubuh Anda Jika Rutin Minum Air Garam Hangat Setiap Hari!

Baca: Akhirnya Ketahuan! Banyak Dikonsumsi Saat Bulan Puasa, Inilah 5 Manfaat Timun Suri Sebenarnya!

Rustam juga menjelaskan, selain ketentuan tersebut, khusus tiga puskesmas buka 24 jam untuk pelayanan tertentu.

Yakni Puskesmas Kampung Bugis buka 24 jam untuk kasus gawat darurat, Rawat Inap dan persalinan.

Kemudian Puskesmas Tanjungpinang buka 24 jam untuk pelayanan persalinan dan Puskesmas Pembantu Batu 5 buka 24 jam untuk pelayanan persalinan.

"Poli rawat jalan di semua rumah sakit tutup selama idul fitri dan cuti bersama. Namun UGD semua rumah sakit buka 24 jam dan bisa melayani tidak hanya kasus gawat darurat tetapi juga bisa melayani kasus non gawat darurat," katanya.

Lebih lanjut Rustam menjelaskan, dokter spesialis tertentu cuti selama masa lebaran dan cuti bersama. Yakni untuk di RSUP Ahmad Taib yang cuti adalah bedah syaraf, Ortopedi, jantung dan mata.

Untuk RSAL, dokter spesialis yang cuti yakni bedah syarat, jantung, bedah multi dan mata.

"Sedangkan untuk RSUD Tanjungpinang, kasus Mata, syarat dan THT polinya tidak buka, tetapi untuk hal yang emergensi dokter nya bisa dipanggil ke rumah sakit (on call)," katanya.

Rustam juga mengmbau agar masyarakat berhati hati agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Karena jika terjadi fractur terbuka tidak tersedia dokter ortopedi.

Selain itu dirujuk ke luar daerah juga sulit, karena khawatir di rumah sakit rujukan juga dokter spesialis dimaksud sedang cuti.

"Sesuai informasi dari pimpinan nya, RSUD tanjungpinang menyatakan siap melakukan penanganan kasus bedah untuk fraktur

dan kasus jantung sepanjang bukan tindakan karena memiliki dokter bedah senior dan dokter Penyakit dalam senior yang siaga," katanya.

Kemudian, lanjutnya, semua peserta BPJS bisa dilayani di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan mana saja selama masa liburan idul fitri dan cuti bersama.(*)

Tags
puskesmas
Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help