Sedang Menuju Perbatasan Rusia, 4 Kendaraan Lapis Baja AS Tabrakan Beruntun. 13 Tentara Jadi Korban

Tabrakan beruntun menimpa kendaraan lapis baja milik tentara Amerika Serikat (AS) saat berjalan beriringan, Kamis (7/6/2018).

Sedang Menuju Perbatasan Rusia, 4 Kendaraan Lapis Baja AS Tabrakan Beruntun. 13 Tentara Jadi Korban
Jonas Rutkauskas / Facebook
Empat kendaraan lapis baja yang mengangkut prajurit Resimen Kavaleri ke-2 AS bertabrakan di sebuah jalan bebas hambatan di Lithuania. 

TRIBUNBATAM.id, VILNIUS - Tabrakan beruntun menimpa kendaraan lapis baja milik tentara Amerika Serikat (AS) saat berjalan beriringan, Kamis (7/6/2018).

Iring-iringan kendaraan lapis baja Resimen Kavaleri ke-2 ini sedang melaju di jalan bebas hambatan 130 di dekat kota Prienai tak jauh dari perbatasan Kaliningran, daerah kantong Rusia

Akibatnya, sebanyak 13 prajurit Resimen Kavaleri ke-13 AS cedera ketika kendaraan lapis baja Stryker yang mengangkut mereka bertabrakan di sebuah ruas jalan di Lithuania. 

Saat itu, salah satu kendaraan lapis baja itu tiba-tiba mengerem mendadak dan tergelincir keluar jalan raya yang mengakibatkan tabrakan beruntun yang melibatkan tiga kendaraan lapis baja lainnya.

"13 prajurit AS terluka dan dibawa ke rumah sakit terdekat dengan menggunakan ambulans," kata Kolonel Kathleen Turner kepada Army Times.

Pemerintah setempat menambahkan, sejauh ini tidak dilaporkan adanya korban warga sipil akibat insiden tersebut.

"Nampaknya, ada masalah di jalan raya yang memicu pengereman mendadak dan akhirnya terjadi tabrakan," kata Kapten Gintautas Ciunis dari AD Lithuania.

Resimen Kavaleri ke-2 bergerak ke Lithuania dari pangkalan mereka di Vilseck, Jerman untuk bergabung dalam latihan perang Saber Strike 2018.

Saber Strike adalah latihan perang rutin NATO dan kali ini digelar di negara-negara yang berbatasan langsung dengan Rusia.

Setidaknya 18.000 prajurit dari 19 negara, termasuk 3.000 prajurit AS, ambil bagian dalam latihan yang digelar di Estonia, Lithuania, Latvia, dan Polandia.

Sebagai bagian dari latihan, Kavaleri ke-2 dijadwalkan melakukan demonstrasi taktik menyeberangi Sungai Niemen pada 13 Juni di kota Kulautuva. (kompas.com/Ervan Hardoko)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Empat Kendaraan Lapis Baja Bertabrakan, 13 Tentara AS Terluka"

Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help