Banyak Warga Anambas Mudik, Kejahatan Pembobolan Rumah Bikin Waswas! Ini Pesan Kapolres!

Kasus pembobolan rumah menjadi perhatian Kapolres Anambas selama Lebaran. Begini pesannya ke pemudik biar harta benda aman!

Banyak Warga Anambas Mudik, Kejahatan Pembobolan Rumah Bikin Waswas! Ini Pesan Kapolres!
TribunBatam/Septyan Mulia Rohman.
Kapolres Anambas AKBP Junoto 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-Polres Anambas begitu memprioritaskan penanganan kejahatan jalanan, salahsatunya pencurian dengan pemberatan (curat) yang menyasar pada pemukiman yang ditinggal mudik.

Seperti diketahui, libur Aparatur Sipil Negara (ASN), dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk mudik ke kampung halaman masing-masing. ‎Suasana lengang pada sejumlah titik di Tarempa saja misalnya sudah mulai terasa.

Baca: Kreatif! Tak Ingin Ganggu Tetangga, Inilah Garasi Kreatif ala Warga Surabaya!

Baca: Harus Kerahkan Sniper, Inilah Misteri di Balik Ketakutan Israel pada Layang-layang Warga Palestina!

Baca: Mengejutkan! Inilah 6 Hal Akan Terjadi di Tubuh Anda Jika Rutin Minum Air Garam Hangat Setiap Hari!

"Itu salahsatunya yang menjadi fokus kami. Selain ada beberapa hal yang menjadi target sasaran.

Seperti kemungkinan adanya penimbunan sembako, percaloan di pelabuhan, kelebihan muatan (overload), sampai potensi aksi terorisme," ujar Kapolres Anambas AKBP Junoto Minggu (10/6/2018).

Langkah antisipasi seperti penempatan anggota pada sejumlah titik pun, dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak terulang.

Pihaknya mengatakan, keamanan menjelang lebaran cenderung agak sudah meningkat. Ini setidaknya terlihat dari beberapa kasus tindak kriminal seperti pencurian di Jemaja dan di Pulau Siantan yang proses penyelidikannya masih terus berlanjut.

Selain penempatan anggota pada sejumlah titik, peran aktif masyarakat menurutnya juga merupakan hal penting ‎agar potensi kerawanan jelang dan paska lebaran tidak kembali terjadi di wilayah hukumnya.

Potensi kerawanan ini pula yang sebelumnya menjadi atensi Kapolri pada operasi Ketupat 2018 tahun ini.

"Peran aktif masyarakat yang juga penting di sini. Misalkan untuk warga yang hendak mudik untuk mengecek kembali kondisi rumahnya. Atau bisa menitipkan ke tetangga maupun pihak kepolisian terdekat.

Seperti kendaraan bermotor misalnya," ungkapnya. Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris pun juga menyoroti mengenai kondisi rumah yang ditinggal oleh para pemudik ini.

Dalam rapat koordinasi ‎lintas sektor yang di aula kantor Bupati belum lama ini, ia meminta kepada pemilik rumah untuk mengecek kembali kondisi rumah yang ditinggal pergi untuk waktu yang lama.

Halaman
12
Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved