Tidak Bisa Libur dan Cuti Bersama Saat Lebaran, Jajaran KPU Kepri Lembur untuk Pilkada 2018

Banyak yang tak tahu, saat libur lebaran dan cuti bersama, KPU dan jajarannya tetap bekerja melaksanakan tahapan Pilkada 2018

Tidak Bisa Libur dan Cuti Bersama Saat Lebaran, Jajaran KPU Kepri Lembur untuk Pilkada 2018
TRIBUN/IST
Kesibukan komisnoner KPU Kepri saat verfikasi berkas dukungan calon DPD RI. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Banyak yang tidak tahu, di tengah libur lebaran dan cuti bersama nasional, KPU dan jajarannya ternyata tetap bekerja melaksanakan tahapan Pilkada 2018 dan Pemilu serentak 2019. Sejumlah jajaran KPU di daerah bahkan terpaksa harus berlebaran di kantor.

Anggota KPU Provinsi Kepri Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Parlindungan Sihombing mengatakan, sesuai Surat Edaran KPU RI Nomor 6 Tahun 2018 terkait hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2018 di lingkungan KPU RI, disebutkan agar ketua serta anggota KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota beserta para pegawai pada Sekretariat masing-masing, tetap masuk kerja untuk melaksanakan tahapan pemilu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.\

Baca: VIDEO Detik-Detik Pendaratan Donald Trump di Singapura, Dia tak Didampingi Sang Istri

Baca: Warga Senang Ada Pasar Murah di Sagulung: Mudah-mudahan Sering Diadakan

Baca: Ada Ratusan Titik Lokasi Salat Ied di Batam. Wali Kota Akan Salat Idul Fitri di Dataran Engku Putri

“Apa boleh buat, tahun ini jajaran KPU terpaksa harus berlebaran di kantor karena bertepatan dengan beberapa jadwal tahapan pemilu yang tetap harus dilaksanakan,” kata Parlindungan, Senin (11/6/2018).

Menurutnya, beberapa jadwal tahapan pemilu yang harus dilaksanakan bersamaan dengan hari libur dan cuti bersama lebaran tahun ini, antara lain verifikasi faktual dukungan calon perseorangan DPD.

Kemudian, penyusunan bahan daftar pemilih sementara (DPS) hasil pemutakhiran oleh PPK, 9 sampai 14 Juni 2018, dan berlanjut rekapitulasi DPSHP serta pleno penetapan DPS oleh KPU Kabupaten/Kota tanggal 15 sampai 17 Juni 2018.

Selain itu, persiapan teknis pencalonan anggota DPR dan DPRD dengan menggunakan sistem informasi pencalonan (silon) yang sudah dimulai sejak 4 Juni 2018 lalu, dan persiapan fit and proper test terhadap calon anggota KPU Kabupaten/Kota yang akan dilaksanakan 20 sampai 22 Juni 2018.

Baca: Sekitar 2.500 Wartawan Dunia Liput KTT Trump-Kim di Singapura. Dua Jurnalis Korsel Dideportasi

Baca: Selain Karena Impian Masa Kecil, Ternyata Ini Alasan Marc Marquez Bertahan di Tim Honda

Baca: Bertarif Semalam Rp 487 Juta, Hotel Tempat Kim Jong Un Nginap Kendali Elektroniknya Sekali Sentuh!

“Yang paling padat lagi adalah jadwal kawan-kawan di jajaran KPU Kota Tanjungpinang, karena selain melaksanakan tahapan pemilu serentak 2019, mereka juga harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk penyelenggaraan pilkada Tanjungpinang yang tinggal 16 hari lagi,” kata Parlindungan.

Padahal, lanjutnya, masa tugas anggota KPU Kota Tanjungpinang akan berakhir 26 Juni 2018, sehari sebelum pemungutan suara pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang.

Meski demikian, komisioner baru KPU Kepri ini berharap, seluruh jajaran di lingkungan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri tetap melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab dan profesional.

“Sukses menyelenggarakan pemilu tidak saja merupakan pengabdian kepada bangsa dan negara, tapi insya Allah juga akan bernilai ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.(bur)

Penulis: zabur_anjasfianto
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help