Dekati Lebaran, Tim Kemendag Turun ke Pasar Batam Sidak Harga Kebutuhan Pokok. Ini Temuannya!

Tim Kemndag dan Satgas Pangan Polda Kepri serta instansi terkait turun sidak harga di pasar di Batam. Ini temuan mereka di lapangan!

Dekati Lebaran, Tim Kemendag Turun ke Pasar Batam Sidak Harga Kebutuhan Pokok. Ini Temuannya!
tribunbatam/dewi haryati
Suasana sidak Tim Kemendag RI ke pasar di Batam, Rabu (13/6/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Tim dari Kementerian Perdagangan RI didampingi tim dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam,

Bulog, dan Satuan Petugas (Satgas) Pangan Ditreskrimsus Polda Kepri melakukan pemantauan harga bahan pokok jelang Lebaran 1439 Hijriah, Rabu (13/6/2018) pagi bertempat di Pasar Tos 3000 Jodoh.

Baca: Kontroversial! 7 Negara Ini Punya Kebijakan Pajak Paling Konyol, Salah Satunya Pajak Bernapas!

Baca: Dikenal Paranoid, Inilah 6 Hal Wajib Tersedia Jika Kim Jong Un ke Luar Negeri!

Baca: Jangan Panik! Penyakit Asam Urat Dapat Diatasi Pakai 3 Ramuan Alami! Ini Rahasia Membuatnya!

Baca: Krisdayanti Posting Foto Kartu Lebaran dari Presiden Jokowi, Netizen Malah Hebohkan Ini!

Dari hasil pemantauan itu, diketahui harga-harga bahan pokok masih relatif stabil. Kendatipun ada kenaikan harga di lapangan, namun masih dalam batas kewajaran.

Seperti daging sapi segar, jelang Lebaran harganya tembus Rp 150 ribu per kg dari kisaran Rp 130 ribu per kg.

Sedangkan harga daging sapi beku Rp 85 ribu per kg. Telur satu papan Rp 40 ribu, cabai merah Rp 36 ribu-Rp 38 ribu per kg, cabai hijau tembus Rp 35 ribu per kg, daging ayam Rp 36 ribu per kg.

"Dari hasil monitor kita, harga bahan pokok umumnya relatif stabil. Tak terjadi lonjakan," kata Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan, Kementerian Perdagangan RI, Kasan kepada wartawan di lokasi kegiatan.

Bahkan melihat tren pasokan bahan pokok pada H-2 Lebaran, ia meyakinkan pasokan barang masih aman dan lancar. Termasuk untuk ketersediaan daging ayam dan daging sapi. Karena itu Kasan mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dalam berbelanja kebutuhan pokok.

"Tak perlu khawatir dengan kenaikan harga karena harga di pasar relatif stabil, pasokan lancar dan aman. Insya Allah sampai Kamis (H-1) transaksi tetap ramai, dan harga tak ada gejolak," ujarnya.

Kasan mengakui, ada komoditas yang sempat dikhawatirkan akan mengalami lonjakan. Yakni daging ayam. Itu melihat kejadian di daerah Jawa.

"Seperti di Solo kemarin ada lonjakan harga daging ayam. Tapi di sini tak terjadi. Untuk Batam dan Tanjungpinang harga daging ayam relatif stabil sekitar Rp 32 ribu sampai Rp 36 ribu per kg," kata Kasan.

Suasana sidak Tim Kemendag RI ke pasar di Batam, Rabu (13/6/2018)
Suasana sidak Tim Kemendag RI ke pasar di Batam, Rabu (13/6/2018) (tribunbatam/dewi haryati)
Halaman
12
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help