Dianggap 'Pengalaman' Tangani Trump, Kim Jong Un Tunjuk Pria Ini Sebagai Penerjemah! Siapa Dia?

Khusus bagi penerjemah Kim, kesulitan yang dihadapinya adalah harus memahami ada beberapa kalimat yang disampaikan Trump cenderung keras

Dianggap 'Pengalaman' Tangani Trump, Kim Jong Un Tunjuk Pria Ini Sebagai Penerjemah! Siapa Dia?
Chosun Ilbo/Newsis
Kim Ju Song (paling kiri) ketika mendampingi Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Hotel Capella, Singapura, Selasa (12/6/2018) 

TRIBUNBATAM.ID-Pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menjadi tantangan tersendiri bagi penerjemah.

Sebab, mereka dharuskan mengartikan setiap kata yang disampaikan pemimpin lain, dan menyampaikannya secara hati-hati sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Khusus bagi penerjemah Kim, kesulitan yang dihadapinya adalah harus memahami ada beberapa kalimat yang disampaikan Trump cenderung keras.

Baca: Dikenal Paranoid, Inilah 6 Hal Wajib Tersedia Jika Kim Jong Un ke Luar Negeri!

Baca: Kontroversial! 7 Negara Ini Punya Kebijakan Pajak Paling Konyol, Salah Satunya Pajak Bernapas!

Baca: Krisdayanti Posting Foto Kartu Lebaran dari Presiden Jokowi, Netizen Malah Hebohkan Ini!

Baca: Sebelum Cherly Tewas Terhempas Saat Latihan Paralayang, Keluarga Ternyata Dapat Firasat Begini!

Karena itu, seperti dilansir Chosun Ilbo Selasa (12/6/2018), Pemerintah Korut memilih Kim Ju Song sebagai penerjemah Kim.

Mengacu kepada memoir Thae Yong Ho, tokoh oposisi Korut, Kim Ju Song diketahui sebagai pejabat di Departemen Hubungan Internasional Partai Buruh.

Seorang pejabat anonim di Gedung Putih menyatakan, Kim Ju Song bisa dikatakan mempunyai "pengalaman" menghadapi Trump.

Sebab, dia yang mendampingi pejabat senior Korut sekaligus tangan kanan Kim, Kim Yong Chol, ketika bertemu Trump di Gedung Putih 1 Juni lalu.

Sebelum bertemu dengan Trump, Kim Yong Chol menemui Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di New York untuk membahas persiapan pertemuan.

Selain dengan Trump, Kim Ju Song juga mendampingi Kim Yong Chol ketika menghadiri penutupan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan (Korsel), pada 25 Februari.

Kim Ju Song (paling kiri) ketika mendampingi Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Hotel Capella, Singapura, Selasa (12/6/2018)
Kim Ju Song (paling kiri) ketika mendampingi Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Hotel Capella, Singapura, Selasa (12/6/2018) (Chosun Ilbo/Newsis)

Saat itu, dari delegasi AS diwakili putri Trump, Ivanka, Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) Gina Haspel, dan Kepala Misi CIA di Korea Andrew Kim.

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help