Pakai Rumput Standar FIFA, Pemprov Kepri Datangkan Ahli Rumput Stadion GBK ke Stadion Dompak!

Stadion Dompak bakal pakai rumput manila standar Stadion GBK Jakarta. Ini keistimewaan rumput standar badan sepakbola dunia, FIFA ini!

Pakai Rumput Standar FIFA, Pemprov Kepri Datangkan Ahli Rumput Stadion GBK ke Stadion Dompak!
INSTAGRAM/vegithughes
Stadion Utama Gelora Bung Karno 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Kualitas rumput yang akan ditanam di stadion sepak bola Pulau Dompak Tanjungpinang berstandar internasional.

Pejabat pengambil kebijakan (PPK) di Dispora Kepri Halim mengatakan rumput tersebut diberi nama rumput manila atau zoysia matrella. Rumput ini sesuai dengan standar badan sepak bola dunia, FIFA.

"Kita akan tanam rumput yang sama dengan rumput di Gelora Bung Karno yang dipakai untuk sea games. Kalau tercabut, rumput itu bisa dipasang lagi," terang Halim kepada TRIBUNBATAM.id, Jumat (22/6/2018) siang.

Baca: Tertarik Jadi Asisten Dewi Perssik? Segini Gaji Fantastis yang Bakal Kamu Dapatkan!

Baca: Inilah Misteri Pembunuhan PSK Nomor 1 di China! Terungkap: Ponselnya Penuh Kontak Pejabat Tinggi!

Baca: Heboh! Terima Kado dari Istri, Pria Ini Menangis. Isinya Sudah Mereka Tunggu 5 Tahun!

Baca: Jangan Panik! Penyakit Asam Urat Dapat Diatasi Pakai 3 Ramuan Alami! Ini Rahasia Membuatnya!

Menurut Halim, ada tenaga ahli Indonesia yang menangani bagian rumput di Gelora Bung Karno akan datang untuk menanam rumput tersebut.

Tenaga ahli ini bahkan sudah menangani rumput untuk lapangan sepak bola di Australia dan Brasil.

Gubernur Kepri meninjau pembangunan proyek stadion dompak, Jumat (22/6/2018)
Gubernur Kepri meninjau pembangunan proyek stadion dompak, Jumat (22/6/2018) (tribunbatam/thom limahekin)

"Dalam waktu dekat, kami akan memanggil tenaga ahli itu untuk datang ke sini," sebut Halim.

Selain rumput, konstruksi lapangan sepak bola pun dibuat sedemikian rupa sehingga tidak menampung genangan air saat diguyur hujan.

Halim menjelaskan, di bawah rumput akan dipasang pipa-pipa yang menyerap air yang meresap dan mengalirkannya ke semua sisi lapangan.

Pada semua sisi lapangan terdapat pipa-pipa yang lebih besar. Pipa-pipa tersebut akan menyalurkan air ke sebuah bak penampung yang sudah dilengkapi dengan sebuah mesin pompa.

Nanti mesin itulah yang memompa air dari bak untuk disiramkan ke rumput-rumput baik di dalam dan di luar lapangan saat musim panas.

Muchlis Hadi Ning Syaifulloh merayakan gol keduanya ke gawang Laos dalam pertandingan babak penyisihan grup Piala AFC U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2013).
Muchlis Hadi Ning Syaifulloh merayakan gol keduanya ke gawang Laos dalam pertandingan babak penyisihan grup Piala AFC U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2013). (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

(*)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help