Ini Jadwal Pendaftaran Online di SD-SMP Rujukan Batam! Ini Alasan Dinas Pendidikan!

Pra pendaftaran peserta didik baru (PPDB) untuk sekolah rujukan, SD dan SMP, sudah dibuka per 25-27 Juni

Ini Jadwal Pendaftaran Online di SD-SMP Rujukan Batam! Ini Alasan Dinas Pendidikan!
DIKBUD
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.ID, BATAM-Pra pendaftaran peserta didik baru (PPDB) untuk sekolah rujukan, SD dan SMP, sudah dibuka per 25-27 Juni. Itu untuk mengakomodir calon siswa baru yang berasal dari luar Batam.

Dilanjutkan pendaftaran calon siswa baru dari Batam yang akan berlangsung 26-28 Juni. Tahun ini ada empat sekolah yang ditetapkan sebagai sekolah rujukan di Batam. Mereka, SDN 006 Sekupang, SMPN 3, SMPN 6 dan SMPN 26.

Wali Kota Batam, Rudi yang dimintai tanggapannya, menilai proses PPDB ini menjadi hal yang biasa. Karena sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya. Walaupun tahun ini ada yang sedikit berbeda.

Baca: KM Berkat Anugerah Karam! Pengakuan Menantu Korban, Sang Cucu Mengigau Panggil Neneknya!

Baca: Pendaftaran Online SMA/SMK Digelar Serentak 28 Juni 2018, Ini Situs Website dan Syaratnya!

Baca: Siap-siap! Obstacle Run Gelaran Tribun Batam-Yonif 10/Marinir Segera Menggebrak Batam!

Baca: Lakalantas di Simpang Teluk Lancang Bintan, Seorang Pekerja Hotel di Lagoi Dikabarkan Kritis!

"Cuma kalau dulu sekolah bertaraf unggulan, sekarang sekolah rujukan. Biasa sajalah," kata Rudi di Batam Center, Senin (25/6/2018).

Sebagai sekolah rujukan, ia tak memungkiri proses penyaringan calon siswa harus dijalankan sebagaimana mestinya.

"Kalau ingin memajukan bangsa ini, mulailah kita luruskan," ujarnya.

Meski begitu, Rudi tak menampik, saat ini sekolah rujukan di Batam belum siap menerapkan 100 persen calon siswanya, mesti unggul. Dinas Pendidikan Kota Batam juga memperhatikan calon siswa yang tinggal di sekitar sekolah.

"Kuota untuk anak bina lingkungan tetap diakomodir. Kita belum siap 100 persen di sekolah unggulan itu harus anak unggulan semua. Karena yang tinggal di sekitar situ, ekonominya juga harus kita perhatikan," kata Rudi.

"Kan kasihan kalau dia tinggal di sekitar situ tapi dia harus sekolah jauh. Berarti dia harus nambah duit lagi per bulannya," sambung Rudi.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan, pihaknya sepakat, agar pelaksanaan PPDB di sekolah rujukan, berjalan sebagaimana mestinya.

Kendatipun nilai menjadi persyaratan utama, sekolah rujukan tetap mengakomodir siswa dari bina lingkungan. Alias yang tinggal berdekatan, atau tak jauh dari lokasi sekolah.

"Sekolah rujukan tetap ada bina lingkungannya. Kalau kurang-kurang sedikit nilainya, bisa diterima. Tapi disesuaikan lagi dengan daya tampung sekolah," ujar Hendri.(*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved