Pilkada Tanjungpinang 2018

Terbawa Masuk ke Kotak Suara, KPU Pinang Belum Bisa Rekap Enam Form C1 ke Situng!

Sebanyak enam formulir C1 pegangan KPU terbawa masuk ke dalam kotak suara. Begini penjelasan KPU Tanjungpinang!

Terbawa Masuk ke Kotak Suara, KPU Pinang Belum Bisa Rekap Enam Form C1 ke Situng!
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Ilustrasi pekerja menyiapkan kotak surat suara Pilkada untuk didistribusikan di Gudang logistik KPU Medan, Sumatera Utara, Jumat (22/6/2018). KPU Sumut mendistribusikan logistik ke 33 kabupaten/kota di Provinsi Sumut untuk Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Sebanyak enam formulir C1 pegangan KPU terbawa masuk ke dalam kotak suara. Sehingga KPU Tanjungpinang belum bisa merekapnya ke sistem penghitungan (Situng).

Namun berdasarkan hasil hitung cepat sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan Syahrul-Rahma memiliki suara lebih banyak dibanding Lis-Maya, Kamis (28/6/2018).

Pasangan Syahrul-Rahma memperoleh 41.684 suara atau 51,50 persen. Sedangkan suara Lis-Maya hanya memperoleh 39.249 suara atau 48,50 persen. Partisipasi pemilih sebesar 59,69 persen.

Baca: Terungkap! 5 Hewan Ini Bisa Mendeteksi Bahaya Lho! Semut dan Burung Kenari Paling Mengejutkan!

Baca: Lagi Heboh di Kalangan PNS! Pemkab Bintan Bakal Terapkan Penggajian Tunggal: Uang Honor Hilang?

Baca: Terungkap! Inilah 6 Makanan Diam-diam Bisa Sebabkan Diare! Nomor 1 dan 5 Waspadai!

Baca: Akhirnya Ketahuan! Inilah Sosok Paling Diperhitungkan Timses Syahrul-Rahma di Pilwako Pinang!

Total suara yang masuk hingga saat ini mencapai 98,11 persen atau dari total 317 TPS, 311 TPS sudah masuk. Hanya data dari enam TPS yang belum masuk.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang Aswin Nasution mengatakan sistem penghitungan (Situng) tersebut berdasarkan form C1. Namun memang ada enam form C1 dari TPS yang belum diterima KPU. Sehingga tidak bisa diinput ke Situng.

"Ada enam TPS yang C1 pegangan KPU dimasukkan ke kotak bersama C1 hologramnya oleh KPPS. Kotak sudah di segel dan di kunci. Jadi kita belum dapatkan," katanya, Kamis (28/6/2018).

Enam C1 tersebut dua berada di wilayah kecamatan Tanjungpinang Timur, Tiga di TPS Kecamatan Tanjungpinang Kota dan 1 di TPS Tanjungpinang Barat.

Seharusnya C1 pegangan KPU tidak dimasukkan ke kotak suara. Hanya C1 hologram yang dimasukkan ke kotak suara.

Oleh karena itu untuk mendapatkan C1 tersebut, KPI masih menunggu kotak tersebut di buka saat pleno di kecamatan. Akibatnya data di Situng belum 100 persen.

"Nanti kalau sudah dibuka akan kita ambil," katanya. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved