Sebaiknya Anda Tahu

Inilah Daerah Terdingin di Bumi, Suhunya Tembus Minus 100 Derajat Celcius. Begini Kondisinya!

Analisis baru menunjukkan, suhu turun hampir minus 100 derajat Celsius. Para ilmuwan menduga, ini mungkin merupakan titik terdingin yang ada di Bumi

Inilah Daerah Terdingin di Bumi, Suhunya Tembus Minus 100 Derajat Celcius. Begini Kondisinya!
science alert
Dataran tinggi Antartika Timur 

TRIBUNBATAM.ID-Para ilmuwan sebelumnya sudah mengetahui jika suhu terendah yang pernah diukur di Bumi berada di wilayah dataran tinggi beku di timur Antartika, dekat Kutub Selatan.

Namun, baru-baru ini mereka menemukan fakta baru. Suhu di wilayah itu bisa turun lebih rendah daripada yang pernah diukur sebelumnya.

Analisis baru menunjukkan, suhu turun hampir minus 100 derajat Celsius. Para ilmuwan menduga, ini mungkin merupakan titik terdingin yang ada di Bumi.

Baca: Mengenal Jenderal Hoegeng, Kapolri Paling Legendaris di Kepolisian. Ini Sepak Terjangnya!

Baca: Terungkap! Inilah Rahasia di Balik Ketangguhan Pasukan Berkuda Persia Kuno di Medan Perang!

Baca: Terserang Kolesterol Jahat? Jangan Panik, Coba Atasi Dengan 2 Siung Bawang Putih. Begini Caranya!

Baca: Jangan Panik! Penyakit Asam Urat Dapat Diatasi Pakai 3 Ramuan Alami! Ini Rahasia Membuatnya!

Sebagai informasi, analisis data satelit tahun 2013 menunjukkan suhu di dataran tinggi Antartika Timur adalah minus 93 derajat Celsius.

"Ini merupakan tempat di mana Bumi begitu dekat dengan batasnya. Hampir seperti berada di planet lain," kata Ted Scambos, peneliti di the National Snow and Ice Data Center di University of Colorado, Boulder, diwartakan National Geographic, Rabu (27/6/2018).

Para ahli menganalisis data satelit selama musim dingin panjang di kutub untuk mengetahui berapa suhu pasti di daerah tersebut. Ini merupakan satu-satunya cara yang bisa dilakukan.

Sebab, tidak ada stasiun cuaca apapun yang ada di sana dan tak ada orang yang dapat memeriksa suhu Antartika di tengah musim dingin secara langsung.

Sementara saat satelit melintas di atas Antartika, ia dapat mencatat suhu di permukaan es.

Scambos dan koleganya menganalisis data satelit yang dikumpulkan selama Juli-Agustus antara 2004 hingga 2016. Suhu diukur di cekungan kecil di dataran tinggi Antartika Timur dekat Kutub Selatan pada ketinggian 3800 meter.

Selanjutnya para peneliti memetakan kapan dan di mana saja suhu terendah. Benar saja, peneliti menemukan sekitar 100 area kecil yang tersebar di bagian tertinggi lapisan es, di mana suhu di situ bisa mencapai minus 100 derajat Celsius.

Halaman
12
Tags
suhu
beku
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved