Kapal Batam ke Anambas Mengalami Masalah Mesin, Syahbandar Punggur: Selasa Baru Berangkat!

Tertundanya para penumpang tujuan Anambas dari Pelabuhan Punggur pada Sabtu (30/6/2018), murni karena terjadi kerusakan pada mesin

Kapal Batam ke Anambas Mengalami Masalah Mesin, Syahbandar Punggur: Selasa Baru Berangkat!
Istimewa
Ilustrasi suasana Pelabuhan Punggur Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Komaruddin memastikan para penumpang tujuan Anambas akan berangkat pada Selasa (3/7/2018) pukul 9.00 WIB.

Komaruddin mengatakan, tertundanya para penumpang tujuan Anambas dari Pelabuhan Punggur pada Sabtu (30/6/2018), murni karena terjadi kerusakan pada mesin.

Saat Kapal Blue Jet 1 akan sandar di pelabuhan, tiba-tiba mesin sebelah kiri Kapal bermasalah. Sehingga harus dilakukan perbaikan yang cukup memakan waktu.

Baca: Pleno Rekapitulasi Hasil Pilwako Pinang di 4 Kecamatan Selesai, Ini Perolehan Suaranya!

Baca: Terungkap! Inilah Rahasia di Balik Ketangguhan Pasukan Berkuda Persia Kuno di Medan Perang!

Baca: Mengenal Jenderal Hoegeng, Kapolri Paling Legendaris di Kepolisian. Ini Sepak Terjangnya!

"Karena ini alamnya mesinnya dari Jerman, jadi untuk perbaikan juga butuh waktu. Mudah-mudahan besok saya pastikan sudah siap, dan pagi Selasa pukul 9.00 WIB para penumpang sudah bisa berangkat," kata Komaruddin, Minggu (1/7/2018).

Dikatakan Komaruddin, pihaknya tidak ingin memaksakan kapal harus berangkat, karena dikhawatirkan nanti akan membahayakan penumpang.

Jarak tempuh dari Pelabuhan Punggur ke Anambas memakan waktu sekitar 8 jam. Dan juga tidak mungkin akan mengganti Kapal Blue Jet 1 dengan Kapal sejenis Oceana yang hanya bisa menempuh jarak terbatas.

Sedangkan Kapal Blue Jet 1 hanya satu unit tersedia untuk melayani jurusan khusus dari Punggur ke Anambas.

"Makanya kemarin saya mendapat pemberitahuan dari pihak kapal. Saya bilang kalau ragu-ragu jangan, takutnya nantinya akan berimbas kepada penumpang. Tolong diperbaiki dulu," ujar Komaruddin.

Komaruddin menuturkan, sejauh ini para penumpang jurusan Anambas yang tertunda kemarin paham. Meskipun ada sedikit komplain, namun setelah mendapat penjelasan akhirnya para penumpang bisa menerima.

Dan para penumpang juga pada hari Selasa nanti tinggal melapor, maka akan langsung berangkat.

"Karena ini menyangkut masalah keselamatan tolonglah untuk sama-sama saling menjaga. Karena kapal dalam kondisi trouble, nanti kalau dipaksakan terjadi apa-apa kita yang rugi," katanya.

Komaruddin menambahkan, Pelabuhan Domestik Telaga Punggur sudah berkomitmen untuk mengedepankan keselamatan.

Begitu juga dengan perkiraan cuaca dan gangguan keselamatan laut, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Nahkoda. Jika memang tidak memungkinkan untuk berlayar, lebih baik ditunda keberangkatan.

"Saya sudah berkoordinasi dengan pihak Kapal, mesinnya tolong diperbaiki dulu sampai 100 persen baik. Baru kita kasih jalan berlayar," ujarnya. (*)

Penulis: Efendi Wardoyo
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved