Mellennial

Ingin Jadi Penulis Hebat? Coba Dulu Berkarya di Wattpad

Menulis cerita di wattpad ternyata bisa menjadi lompatan untuk menjadi seorang profesional lho! Ingin tahu caranya?

Ingin Jadi Penulis Hebat? Coba Dulu Berkarya di Wattpad
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

GEMAR menulis bahkan ingin menjadi penulis, bisa dimulai dengan menuangkannya lewat wattpad. Jika beruntung, karya penulis yang aktif di wattpad bisa diterbitkan dalam bentuk novel seutuhnya oleh penerbit yang tertarik.

Eka Dewi, seorang karyawati swasta di perusahaan swasta ini mengaku sudah lebih dari empat tahun menulis di wattpad. Walaupun tidak setiap hari, ia masih terus menulis di wattpad miliknya.

"Suka aja nulis dari dulu dan biasanya dari wattpad banyak yang dijadikan novel beneran kalau ada yang tertarik sama novel kita," ujarnya.

Sementara itu, Priska Savira pemilik nama wattpad PriskaSavira yang sekarang bekerja sebagai marketing ini mengaku suka menulis di wattpad awalnya karena ingin coba-coba. Dan akhirnya tertarik dan semakin membuatnya ingin terus menulis.

"Buat naskah cerita dengan semenarik mungkin dan sesuai EYD. Itu membuat penerbit tertarik dengan ceritanya. Kuncinya itu di sinopsis. Karena sebelum pembaca membaca isi cerita, mereka pasti membaca sinopsis terlebih dahulu. Jika sinopsis bisa membuat banyak pembaca penasaran, kita bisa mendapatkan banyak pembaca," ujar penulis novel Because The Baby.

Defi Arika yang sudah menerbitkan dua novel ini, juga mengawalinya dari wattpad. Novel pertamanya berjudul My Hottest CEO dan Bad Boy in Black Tuxedo. Berawal dari keisengan dan posting karya pertamanya di wattpad, yang sebelumnya hanya ditulis di media words saja.

"Dari menulis di wattpad bisa menjadi sumber penghasilan. Ketika karya kita dilirik oleh penerbit, novel diterbitkan menjadi sebuah novel seutuhnya. Apalagi jika ada produser yang tertarik. Maka bisa jadi sebuah karya film," ujar Defika pemilik akun wattpad @heyitsdeff.

Tapi Defika mengingatkan agar saat ingin menulis, semua itu harus dari hati, bukan karena uang saja. Karena paling penting adalah ketika bisa melahirkan karya yang bisa dinikmati oleh pembaca.

"Kalau soal uang mah, anggap aja bonus untuk investasi untuk memenuhi pendukung hobi menulis kita. Misalnya, beli laptop baru biar ngetiknya makin jos," ungkapnya.

Agar karya kita dilirik oleh penerbit, maka kita perlu melakukan beberapa langkah. Dan yang pertama kali adalah dikenal lebih dulu oleh para pembaca di wattpad. Dari viewers, voters, dan comment, maka karya tulisan kita akan terus meningkat dan masuk ke dalam jajaran novel yang mempunyai rangking atau peringkat.

Halaman
12
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help