Kanada Balas Kebijakan Donald Trump, Kenakan Pajak Impor 80 Jenis Produk AS

Pemerintah Kanada mengumumkan akan memberkalukan tarif untuk produk ekspor AS senilai 12,5 miliar dolar AS.

Kanada Balas Kebijakan Donald Trump, Kenakan Pajak Impor 80 Jenis Produk AS
THESTAR.COM
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau 

TRIBUNBATAM.id, LONDON - Kanada melawan tindakan Amerika Serikat (AS) yang telah memberlakukan tarif senilai 25 persen untuk produk impor baja dan alumuniun yang mereka impor ke AS.

Pada Minggu, (1/7/2018), pemerintah Kanada mengumumkan akan memberkalukan tarif untuk produk ekspor AS senilai 12,5 miliar dolar AS.

Pajak sebesar 10 persen telah diperlakukan untuk 80 jenis produk AS seperti toffee, sirup maple, biji kopi, dan selai strawberi.

Dikutip melalui CNNMoney, tindakan yang dilakukan Kanada dinilai proporsional dengan pemberian bea cukai yang sesuai dengan jumlah baja dan alumunium yang diekspor Kanada ke AS.

Pemberlakukan bea cukai untuk baja oleh AS yang mulai efektif diberlakukan pada 1 Juni 2018 lalu dianggap cukup memberatkan Kanada.

Sebab, Kanada merupakan eksportir baja dengan jumlah terbesar senilai 5,53 miliar dolar AS.

Sementara negara berikutnya adalah Korea Selatan sebesar 3,11 miliar dolar AS, Meksiko dengan jumlah ekspor baja ke AS sebesar 2,97 miliar dollar AS, Brazil sebesar 2,57 miliar dollar AS, dan China senilai 1,96 miliar dollar AS.

Baca: Presiden Jokowi akan Didugat Pasca Ojek Online Ditolak Jadi Angkutan Umum

Baca: Ketika Status Janda Dianggap Sial di India, Ini yang Dilakukan Mereka Mengisi Sisa Hidup

Baca: Usia 8 Tahun Sudah Tamat SMA, Bocah Ini Ingin Langsung Masuk Universitas

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeu mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh Kanada adalah hal yang wajar untuk dilakukan.

"Saya telah mengatakan dengan jelas kepada presiden ( Donald Trump), kami tidak senang untuk melakukan hal ini (membalas penerapan tarif bea impor), tetapi kami benar-benar harus melakukannya," ujarnya pada bulan Juni lalu.

Sebelumnya, tarif bea impor juga diberlakukan kepada Meksiko.

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help