Sri Mulyani Digoda Anggota DPR untuk Debat dengan Rizal Ramli, Ini Jawaban Cerdas Menkeu

Cerita itu disampaikan langsung di tengah rapat Komisi XI dengan Kementerian Keuangan, di mana hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Digoda Anggota DPR untuk Debat dengan Rizal Ramli, Ini Jawaban Cerdas Menkeu
tribunnews
RIZAL RAMLI dan SRI MULYANI 

Penulis : Andri Donnal Putera

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Salah satu anggota Komisi XI DPR RI, Elviana, sempat menceritakan bahwa dia sering membaca komentar seputar perekonomian Indonesia dari mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Ramli.

Cerita itu disampaikan langsung di tengah rapat Komisi XI dengan Kementerian Keuangan, di mana hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Senin (2/7/2018) malam.

Awalnya, Elviana minta pendapat Sri Mulyani tentang pandangan Rizal di dalam sebuah grup WhatsApp.

Elviana sendiri masuk dalam grup WhatsApp itu bersama Rizal dan tokoh-tokoh lain di sana.

"Katanya, apakah APBN bisa berjalan bila pemerintah tidak menarik utang baru dalam 2 sampai 3 bulan saja? Jadi, saya hanya menyampaikan bahwa kami mendapat masukan di luar forum-forum seperti ini soal ekonomi. Di satu sisi, yang mereka sampaikan ada benarnya juga. Di sisi lain, Ibu berusaha menyampaikan fakta-fakta yang telah dilakukan oleh pemerintah. Begitu saja, Bu," kata Elviana.

Menanggapi hal tersebut, Sri Mulyani tersenyum lalu menjawabnya setelah dipersilakan oleh pimpinan sidang.

Suasana saat itu mulai ramai, karena para anggota dewan dan yang hadir di rapat tersebut tahu Rizal sempat menantang Sri Mulyani berdebat tentang utang pemerintah beberapa waktu lalu.

"Pertama, kalau disebutkan apakah APBN bisa jalan, ya, buktinya kami jalan. Kalau apakah dengan utang baru, kan APBN 2018 sudah disetujui dengan defisit 2,19 persen. Kira-kira Rp 325,9 triliun untuk keseluruhan tahun 2018," tutur Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menjelaskan, melihat ekonomi tidak bisa hanya dari 1 indikator saja.

Halaman
12
Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help