Historia

Jika Menyantap Nasi Goreng Bikinan Istri, Bung Karno Suka Pakai Tangan. Ini Rahasianya!

Ketahuan! Jika menyantap nasi goreng buatan istri, Bung Karno ternyata suka pakai tangan ketimbang sendok. Kenapa? Ini rahasianya!

Jika Menyantap Nasi Goreng Bikinan Istri, Bung Karno Suka Pakai Tangan. Ini Rahasianya!
Ist
Bung Karno 

TRIBUNBATAM.ID-Ketika sebagai Presiden pertama RI Presdien Soekarno (Bung Karno) berhak menetap di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Bung Karno yang terkenal hidup sederhana dan suka berpenampilan santai ternyata lebih suka tinggal di sebuah bungalow kecil.

Bangunan bungalow berukuran kecil dan berada di kompleks Istana Bogor itu tidak mewah dan terkesan sederhana sekali.

Baca: Mengenal Tim Nanggala! Intelijen Tempur Kopassus Yang Sering Gunakan ‘Nama Wanita’ Sebagai Kode

Baca: Gubernur Nurdin Lantik Dali Kepala Disdik Kepri, Inilah Kisah Tak Terungkap di Balik Pelantikannya!

Baca: Mengenal Jenderal Hoegeng, Kapolri Paling Legendaris di Kepolisian. Ini Sepak Terjangnya!

Baca: Mau Racun Tubuh dan Stres Menghilang? Cobalah Rendam Kaki Anda ke Dalam Ramuan Ini

Sebagai bangunan yang biasa ditinggali Bung Karno bersama istrinya, Hartini, di dalam bungalow terdapat sepasang kamar tidur, sebuah ruang makan kecil, dan ruang duduk yang sangat kecil.

Dari tampak luar bangunan bungalow juga tidak tampak mewah dan sederhana sekali.

Tetap menurut Bung Karno sesuai yang tertulis dalam buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia yang ditulis Cindy Adams (2007), dirinya sangat menyukai bungalow itu karena merasa berada di rumah sendiri.

Ketika rekan dekat Bung Karno, yakni Duta Besar AS untuk Indonesia Howards Jones kerap mengunjungi Bung Karno, maka pertemuan yang berlangsung santai dan penuh suasana diskusi juga selalu berlangsung di bungalow.

Jika Howard Jones sedang berkunjung maka Hartini selalu menjamunya dengan memasak menu andalan berupa nasi goreng yang terkenal enak dan sangat disukai baik oleh Howard Jones maupun Bung Karno.

Bung Karno dikelilingi wanita cantik
Bung Karno dikelilingi wanita cantik (arsipnasional.com)

Tapi selalu ada adegan yang membuat Howard Jones tercengang saat menyantap nasi goreng yang masih panas bersama Bung Karno.

Pasalnya setiap makan nasi goreng yang masih panas itu Bung Karno lebih suka menggunakan tangannya secara langsung dan tanpa memakai sendok.

Bung Karno ketika sedang makan memang dikenal lebih suka menggunakan tangan secara langsung yang dalam Bahasa Jawa dikenal sebagai muluk meski telah disediakan sendok dan garpu saat makan.

Sebenarnya menyantap nasi goreng panas-panas tanpa menggunakan sendok memang tampak aneh bagi orang Indonesia umumnya.

Apalagi bagi Howard Jones yang berlatar belakang budaya AS, ketika melihat orang biasa yang makan tanpa sendok dan garpu saja sudah aneh.

Melihat seorang Presiden RI yang namanya telah mendunia dan ketika makan lebih suka tanpa menggunakan sendok pasti merupakan pemandangan ‘aneh tapi nyata’ bagi Howard Jones. (Intisarionline/Sumber Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, Cindy Adams, PT Media Pressindo, 2007)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help