Wilayah Tugas Luas, Polsek Kundur dan Polsek Kuta-Kuba di Karimun Diusulkan Tambah Personel

Dua Polsek baru di Polres Karimun membawahkan lima kecamatan. Begini penjelasan Kapolres Karimun

Wilayah Tugas Luas, Polsek Kundur dan Polsek Kuta-Kuba di Karimun Diusulkan Tambah Personel
Ilustrasi simulasi antisipasi penyerangan teroris di Mapolres Karimun, Jumat (30/6/2017) 

TRIBUNBATAM.ID, KARIMUN-Wilayah Pulau Kundur dan sekitarnya baru memiliki dua kantor Kepolisian Sektor (Polsek), yakni Polsek Kundur dan Polsek Kuta/Kuba.

Padahal kedua polsek tersebut memiliki wilayah tugas yang cukup luas, atau mencakup di lima kecamatan. Untuk Polsek Kundur berwilayah tugas di Kecamatan Kundur dan Ungar. Sedangkan Polsek Kuta/Kuba berwilayah hukum di Kecamatan Kundur Utara, Kundur Barat dan Belat.

Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya yang diwawancara mengatakan, untuk saat ini kedua polsek dan jumlah personelnya sudah mencukupi dalam hal Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah tugas mereka.

Baca: Mengenal Jenderal Hoegeng, Kapolri Paling Legendaris di Kepolisian. Ini Sepak Terjangnya!

Baca: Mengenal Tim Nanggala! Intelijen Tempur Kopassus Yang Sering Gunakan ‘Nama Wanita’ Sebagai Kode

Baca: Parkir Mobil Lima Menit, Uang Modal Nikah Lesap Digondol Orang Misterius di Sei Panas

Baca: Jangan-jangan Ponsel Anda Termasuk? Inilah Daftar 10 Ponsel Terlaris Sepanjang Masa

"Kalau personel idealnya kita sudah ideal. Tapi bagaimana kita meningkatkan pemberdayaan SDM. Percuma jika SDM cukup tapi tidak diberdyakan. Jadi seorang Kapolsek sebagai leader harus mengoptimalkan kemampuan personel yang ada," katanya.

Namun meski demikian, lanjut Hengky, kondisi tersebut tetap merupakan suatu tantangan tersendiri bagi Polres Karimun dan jajarannya. Ia menyebutkan, pihaknya telah mengajukan adanya penambahan personel ke Polda Kepri.

"Kalau dilihat wilayah kundur ada dua polsek dengan lima kecamatan merupakan tantangan tersendiri bagi kita. Untuk upaya jangka pendek kita mengusulkan tambahan personel," ujarnya.

Sedangkan untuk jangka panjangnya, di Pulau Kundur harus tetap ada penambahan polsek. Ini dikarenakan faktor kemajuan, penambahan jumlah masyarakat dan Harkamtibmas di wilayah kundur ke depannya cukup tinggi.

"Saya juga mengharapkan untuk jangka pendek ada penambahan personel dan jangka panjang ada penambahan polsek. Jadi polsek harus diimbangi dengan tantangan tugas yang ada," terangnya.

Diterangkan Hengky, untuk penambahan personel, maka Polres Karimun mengusulkan ke Polda Kepri. Sementara mengenai penambahan Polsek, Polda yang mengusulkan ke Mabes Polri. Karena untuk mendirikan polsek yang baru harus memenuhi penilaian dari Mabes Polri.

"Nanti ada tim yang menilai dan mensurvey. Tentunya ada kriteria-kriteria yang harus dipenuhi untuk membentuk sebuah polsek. Mudah-mudahan ke depan ada. Dari polres upayanya hanya mengusulkan. Karena tergantung anggaran, satpil akan muncul di polsek," paparnya.

Strategi lain dalam meningkatkan kinerja di jajaran Polres Karimun, tambah Hengky, adalah dari sumber rekruitmen. Karena semakin banyak animo pendaftaran masyarakat suatu daerah sebagai anggota Polri, maka kuota personel yang diberikan juga akan semakin banyak.

"Khususnya di Tanjungbatu animo harusnya bertambah. Kita sudah mnyeediakan ruang bagi masyarkat sebagai anggota Polri," tambah orang nomor satu di Kepolisian Karimun itu. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help