Kisah Sri Owen, Penulis Buku Masakan Indonesia Berbahasa Inggris Pertama Raih Banyak Penghargaan

Kini, wanita asal Sumatera Barat itu, sudah menelurkan 15 buku resep masakan Indonesia. Karyaanya pun meraih sejumlah penghargaan.

Kisah Sri Owen, Penulis Buku Masakan Indonesia Berbahasa Inggris Pertama Raih Banyak Penghargaan
BBC INDONESIA
Sri Owen di dapurnya. 

TRIBUNBATAM.id- Sri Owen (83) merupakan wanita Indonesia pertama yang memperkenalkan beragam resep masakan Nusantara lewat buku berbahasa Inggris yang ditulisnya.

Kini, wanita asal Sumatera Barat itu, sudah menelurkan 15 buku resep masakan Indonesia. Karyaanya pun meraih sejumlah penghargaan.

Salah satunya adalah, Juni 2017 lalu, dengan penghargaan Lifetime Achievement Award pada Guild of Food Writers Awards di London atas dedikasinya terhadap penulisan resep masakan.

Berikut perjalanannya hidupnya yang dikutip dari BBC Indonesia, Sabtu (7/7/2018).

Aroma rempah dari masakan kambing panggang langsung tercium ketika kami memasuki kediaman Sri Owen di kawasan Wimbledon, London, Inggris, pada suatu akhir musim panas.

Ketika BBC News Indonesia datang, perempuan asal Sumatera Barat itu tengah sibuk memasak di dapur, untuk dua rekannya yang akan mengunjungi kediamannya hari itu.

Menunya kambing panggang, sate ayam dan gado-gado, lengkap dengan rempeyek kacang hijau dan emping.

Sri Owen di dapurnya. Foto:CHRISTINE FRANCISKA/BBC INDONESIA

Sate dan gado-gado, menurut Sri merupakan masakan Indonesia yang paling dikenal, karena itu banyak kalangan menganggap semua masakan Indonesia menggunakan bumbu kacang.

Halaman
1234
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved