Kepala Dinas Keuangan TNI AL ke Lantamal Tanjungpinang, Ini Pesannya Soal Pelaporan Keuangan

Perwira tinggi Mabes TNI AL ke Lantamal Tanjungpinang. Begini pesannya soal pelaporan keuangan kegiatan di Lantamal

Kepala Dinas Keuangan TNI AL ke Lantamal Tanjungpinang, Ini Pesannya Soal Pelaporan Keuangan
tribunbatam/wahib waffa
Suasana rapat rekonsiliasi laporan keuangan di Lantamal Tanjungpinang, Senin (9/7/2018). Hadir Kepala Dinas Keuangan TNI AL 

TRIBUNBATAM.Id, TANJUNGPINANG-Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang menjadi tempat pelaksanaan Rekonsiliasi Internal Semester I tahun anggaran 2018.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Keuangan Angkatan Laut tersebut berlangsung selama dua hari dari tanggal 9 dan 10 Juli 2018 di Aula Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No.1 Batu Hitam, Tanjungpinang Kepulauan Riau, Senin (9/7).

Baca: Empat Kombes Turun ke Polres Tanjungpinang, Soal Pemisahan Tahanan Mencuat. Ada Apa?

Baca: Inilah 4 Kisah Istri Orang Terkaya di Dunia, Tangguh dan Pintar! Begini Kisah di Baliknya!

Baca: Jangan Panik! Penyakit Asam Urat Dapat Diatasi Pakai 3 Ramuan Alami! Ini Rahasia Membuatnya!

Baca: Kepala Dinkes Kepri Blak-blakan di Karimun, Pasien Cuci Darah di Kepri Terus Bertambah

Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Eko Suyanto mengatakan salah satu upaya konkret untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

Yakni dengan diberlakukannya Undang-Undang nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-Undang nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dan Undang-Undang nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Negara.

Lebih lanjut Danlantamal IV mengatakan, di lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI pelaksanaan Rekonsiliasi diatur dalam peraturan Menteri Pertahanan RI Nomor 18 Tahun 2015.

Rekonsiliasi merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa system/subsistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama.

Sebagai operator, seluruh peserta memilki tugas dan tanggungjawab untuk menertibkan laporan keuangan yang ada di masing-masing satuan kerja.

Oleh karena itu Danlantamal IV berharap seluruh peserta mencatat setiap transaksi dengan akurat sesuai dengan standar akuntansi  pemerintahan (SAP). Kemudian untuk saling berkoordinasi dengan baik antara operator SAIBA dan SIMAK BMN dengan mengungkapkan secara lengkap informasi yang penting ke dalam catatan atas lapora keuangan.

Suasana rapat rekonsiliasi laporan keuangan di Lantamal Tanjungpinang, Senin (9/7/2018). Hadir Kepala Dinas Keuangan TNI AL
Suasana rapat rekonsiliasi laporan keuangan di Lantamal Tanjungpinang, Senin (9/7/2018). Hadir Kepala Dinas Keuangan TNI AL (tribunbatam/wahib waffa)

Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Djoko Erwan dalam sambutan pembukaannya antara lain mengatakan rekonsiliasi yang dilaksanakan saat ini adalah rekonsiliasi internal.

"Berkaitan dengan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang bersumber dari DIPA Pusat maupun DIPA Daerah. Hal ini dimaksudkan antara lain sebagai upaya mensinkronisasikan data keuangan antara badan keuangan,

badan perencanaan dan badan logistik. Terkait dengan realisasi pendapatan dan belanja negara serta pelaksanaan pencatatan transaksi persediaan dan barang miliki negara," kata Erwan.

Selanjutnya Kadiskual mengatakan, hal-hal yang dibutuhkan dalam menghasilkan laporan keuangan yangberkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan

salah satunya adalah pelaksanaan rekonsiliasi yang saat ini dilaksanakan. Hal ini juga merupakan rekomendasi BPK RI atas hasil audit laporan keuangan Kemhan RI.

Rekonsiliasi Internal yang digelar Diskual tersebut diikuti peserta dari Lanal di bawah jajaran Lantamal I, Lanal di bawah Lantamal II, Lanal di bawah jajaran Lantamal IV dan Lanal di bawah Lantamal XII. (*)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved