Mellennial

Begadang Nonton Bola? Simak Triknya Agar Tubuh Tetap Fit

Bagi penggemar bola, begadang hingga pagi tentu tidak masalah. Tetapi begadang terlalu sering, apakah baik untuk kesehatan?

Begadang Nonton Bola? Simak Triknya Agar Tubuh Tetap Fit
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

PIALA dunia sudah mendekati babak akhir alias final. Semoga tubuh masih dalam keadaan fit ya guys! Bagi penggemar bola, begadang hingga pagi atau dini hari tentu tidak masalah. Tetapi begadang terlalu sering, apakah baik untuk kesehatan?

Wahyu Dwi Destanto, karyawan yang bekerja di salah satu hotel ini mengatakan bahwa ia sudah terbiasa begadang. Bahkan sebelum adanya piala dunia, ia sudah terbiasa tidur hingga larut malam.

"Biasanya siangnya baru tidur. Jadi malam itu segar dan kalau disuruh tidur cepat susah nggak bisa," katanya.

Sementara itu bagi Zakaria, karyawan swasta di salah satu perusahaan swasta di Batam mengatakan, bahwa ia lebih suka tidur terlebih dahulu sebelum begadang. Karena saat sudah terbangun tengah malam, membuatnya menjadi lebih fresh.

"Tidur dulu sebelum begadang, ntar kalau udah selesai barulah tidur lagi. Sebentar aja, soalnya pagi sudah harus kerja," ungkapnya.

Sementara Thami, wanita ini mengaku mengindap insomnia. Jadi tidak masalah baginya untuk begadang dari waktu tengah malam hingga dini hari.

Agar bisa begadang saat tengah malam hingga pagi hari, kamu perlu tidur yang cukup. Dan dikatakan dr Maria Bintang Adriana Panggabean selaku dokter umum di Rumah Sakit Awal Bros mengatakan, bahwa dalam sehari, orang dewasa perlu tidur 6-8 jam. Dan tidak ada istilah "balas dendam" tidur sehari setelahnya.

"Jika balas dendam tidur sehari setelahnya. Maka bisa jadi kita akan kelebihan waktu tidur. Untuk usia dewasa, 12 jam waktu tidur sangat tidak dianjurkan karena akan lebih mudah cepat lelah. Dan usia 15 tahun ke atas sudah seharusnya tidur 6-8 jam," katanya, Minggu (8/7).

Dr Maria juga mengatakan, saat piala dunia yang siarannya berlangsung tengah malam, maka kita tidur cukup 6-8 jam dalam sehari. Dan apakah tidur sampai pagi akan menimbulkan penyakit gula?

"Diabetes atau obesitas akan terjadi pada pola makan yang salah. Maka saat nonton bola saat tengah malam, pola makan perlu dijaga, dan hindari yang namanya junk food. Karena saat malam hari, produksi insulin sangat sedikit. Jadi saat makan berat di tengah malam akan membuat lebih gemuk," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved