Johannes Kennedy: Peran Investasi AS Jauh Lebih Kecil Ketimbang Cina di Batam

Selama ini, kata Jhon, sapaan akrabnya, peranan AS masih sebatas di bidang-bidang tertentu saja seperti minyak dan gas.

Johannes Kennedy: Peran Investasi AS Jauh Lebih Kecil Ketimbang Cina di Batam
tribun batam
Mantan Ketua Kadin Batam yang juga bos Panbil Group Johanness Kennedy Aritonang. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kepri yang juga bos Panbil Group Johannes Kennedy Aritonang meminta agar peran investasi Amerika Serikat (AS) di Batam ditingkatkan.

Sebab, selama ini, perannya masih kurang dibandingkan dengan Cina.

Pernyataan tersebut disampaikan seiring dengan kedatangan Dubes AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr ke Batam dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan Negeri Paman Sam tersebut, Selasa (10/7/2018) malam.

Selama ini, kata Jhon, sapaan akrabnya,  peranan AS masih sebatas di bidang-bidang tertentu saja seperti minyak dan gas.

Namun, beberapa tahun terakhir investor AS mulai melebarkan sayap untuk investasi di bidang resor dan perhotelan.

"Peranan Amerika ini kita sih inginnya lebih baik. Selama ini mereka tertarik di oil dan gas. Baru-baru ini saja resor. Berbeda dengan Cina yang ingin semuanya. Seperti jalan, jembatan, properti, shipyard (galangan kapal), dan lainnya," ujarnya, Rabu (11/7/2018).

Diakuinya, peranan investasi Cina memang jauh lebih besar. Dia mengibaratkan, pergi saja di kedai kopi, pasti lebih banyak pengusaha-pengusaha Cina yang ditemukan.

"Jadi selama ini kepentingan Amerika lebih kecil. Kita ingin juga pengusaha Amerika lebih aktif di Batam, walaupun sudah ada beberapa perusahaan Amerika Serikat yang di Batam. Kecil dibandingkan dengan Cina," ungkap Jhon lagi.

Dia juga menambahkan, ancaman perang dagang yang dilontarkan Presiden AS Donald Trump tidak begitu berdampak ke ekonomi Batam karena memang investasi AS kecil di sini.

"Yang Amerika review baru-baru ini adalah tarif dan rata-rata tidak diekspor dari Batam. Produk-produk AS yang berproduksi di sini pun kecil sekali,"katanya lagi. (*)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help