Terungkap! Kemampuan Bahasa Inggris Remaja Ini Bantu Tim Bola Thailand Keluar dari Goa

Seumur hidupnya, Adul Sam-on bakal sangat bersyukur mempunyai kemampuan menguasai bahasa asing

Terungkap! Kemampuan Bahasa Inggris Remaja Ini Bantu Tim Bola Thailand Keluar dari Goa
via Daily Mirror
Adul Sam-on, remaja 14 tahun yang kemampuan bahasa Inggrisnya menyelamatkan dia, 11 rekannya, dan pelatihnya setelah 10 hari terjebak di dalam Goa Tham Luang, Thailand 

TRIBUNBATAM.ID, MAE SAI-Seumur hidupnya, Adul Sam-on bakal sangat bersyukur mempunyai kemampuan menguasai bahasa asing.

Sebab, dengan kemampuannya dia menyelamatkan dirinya, 11 rekannya, dan pelatihnya yang terjebak di Goa Tham Luang, Thailand. New York Times mewartakan Selasa (10/7/2018), Adul bukanlah warga asli Thailand.

Dia berasal dari suatu kawasan di Myanmar. Baca juga: Thailand Rilis Foto Pertama Anggota Tim Bola Setelah Keluar dari Goa Kawasan tempat Adul tinggal dikenal akan konflik serta perdagangan opium.

Baca: Siapa Pembawa Obor Asian Games 2018? Artis Cantik Inilah Pembawanya!

Baca: Pengakuan Casey Stoner, Katanya Marc Marquez Levelnya di Atas Valentino Rossi

Baca: TNI AU Nyaris Tembak Jatuh Jet Tempur AS Penyusup Setelah Kepergok Nyelonong ke Bawean!

Baca: Senjata Dilucuti, Polisi di Meksiko Kini Bersenjata Ketapel. Ini Alasan Sebenarnya!

Pada usia enam tahun, keluarganya pindah ke Thailand. Keluarganya pindah agar Adul bisa mendapatkan pendidikan layak sehingga kehidupannya lebih baik dibanding orangtuanya.

Dia bersekolah di sekolah Chiang Rai, dan dikenal sebagai murid berprestasi di bidang akademik serta olahraga hingga menerima beasiswa. Adul fasih dalam lima bahasa; Inggris, Thai, Myanmar, Mandarin, dan Wa.

Penguasaan bahasa Adul berperan sangat penting. Semua dimulai ketika tim sepak bola Mu Pa (Wild Boar) terjebak di Goa Tham Luang setelah melakoni latihan sore pada 23 Juni lalu.

Selama 10 hari, mereka harus bertahan hidup berbekal camilan yang dibawa salah seorang anggota, dan minum air dari goa. Saat ditemukan dua penyelam Inggris, Richard Stanton dan John Volanthen pekan lalu (2/7/2018), mereka semua terlihat sangat kurus.

Dengan bahasa Inggris yang terbata-bata, ke-11 teman Adul meminta makan kepada Volanthen dan Stanton. Adalah Adul, yang kini berusia 14 tahun, yang menjadi penerjemah bagi seluruh tim.

Dia mengatakan jelas apa yang mereka butuhkan; makanan. Adul menjadi jembatan apa saja yang dibutuhkan semua teman dan pelatihnya, Ekapol Chanthawong, kepada dua penyelam itu.

Adul Sam-on, remaja 14 tahun yang kemampuan bahasa Inggrisnya menyelamatkan dia, 11 rekannya, dan pelatihnya setelah 10 hari terjebak di dalam Goa Tham Luang, Thailand
Adul Sam-on, remaja 14 tahun yang kemampuan bahasa Inggrisnya menyelamatkan dia, 11 rekannya, dan pelatihnya setelah 10 hari terjebak di dalam Goa Tham Luang, Thailand (via Daily Mirror)

Dengan berani, dia juga menanyakan kepada mereka kapan kira-kira bantuan bakal datang untuk mengeluarkan mereka.

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help