Sebanyak 37 Tahanan Rutan Tanjungpinang Dipindahkan Mendadak ke Lapas Batu 18, Ada Apa?

Puluhan tahanan di Rutan Tanjungpinang dipindahkan mendadak ke Bintan. Ada apa?

Sebanyak 37 Tahanan Rutan Tanjungpinang Dipindahkan Mendadak ke Lapas Batu 18, Ada Apa?
tribunbatam/wahib waffa
Petugas Rutan Tanjungpinang membariskan napi yang hendak dipindahkan ke Lapas Tanjungpinang di Bintan, Kamis (12/7/2018) 

TRIBUNBATAM.ID, TANJUNGPINANG-Puluhan tahanan keluar dari gerbang Rutan kelas 1 Tanjungpinang. Mereka dipindahkan dari rutan ke lapas narkoba dan umum batu 18 Tanjungpinang uang berlokasi di Bintan.

Pemindahan itu lantaran over kapasitas di Rutan Tanjungpinang. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi, pihaknya memilih untuk memindahkan mereka dengan mengurangi sebanyak 37 orang.

"37warga binaan Rutan I Tanjungpinang dipindahkan ke lapas narkotika tanjungpinang dan lapas kelas II A umum Tanjungpinang.

Ada berbagai kasus narapidana yang kita pindahkan," kata Fajar Teguh Wibowo saat dikonfirmasi Tribun Batam, Kamis (12/7/2018).

Baca: Terungkap! Inilah Kerugian Mematikan Centang Biru dan Status Last Seen di WhatsApp Anda

Baca: TNI AU Nyaris Tembak Jatuh Jet Tempur AS Penyusup Setelah Kepergok Nyelonong ke Bawean!

Petugas Rutan Tanjungpinang membariskan napi yang hendak dipindahkan ke Lapas Tanjungpinang di Bintan, Kamis (12/7/2018)
Petugas Rutan Tanjungpinang membariskan napi yang hendak dipindahkan ke Lapas Tanjungpinang di Bintan, Kamis (12/7/2018) (tribunbatam/wahib waffa)

Baca: Kisah Sedih Istri Penyelam yang Meninggal saat Selamatkan Tim Bola Thailand di Gua

Baca: Inilah Saegheh, Drone Iran di Suriah Pembikin Israel Kalang Kabut. Ternyata Pakai Teknologi Siluman

Dengan rincian mereka sebab 25 tahanan kasus narkotika, 3 tahanan tindak pidana korupsi (Tipikor), dan 9 pidana umum mulai pencurian, perlindungan anak, KDRT dan masih banyak lainya.

Dengan dipindahkan Tahanan tersebut maka akan sedikit membuat lega dan longgar. Namun jika dihitung jumlah tahanan saat ini jika sesuai SOP dan standar masih saja teritung kelebihan tahanan.

"Setelah kita pindahkan ada 408 orang tahanan yang menghuni. Kalau dibilang over, tetap masih over. Setidaknya sudah mengurangi," katanya lagi.

Berbagai potensi tetap saja bisa terjadi. Namun upaya antisipasi dilakukan untuk mengurangi tingkat kesetresan para tahanan.

Beberapa upaya untuk menghindari itu, pihaknya pun telah mengagendakan sejumlah kegiatan mulai olah raga hingga hiburan di Dalam Rutan Tanjungpinang. (*)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved