Universitas Putera Batam Gelar Ujian Profesi Advokat

Puluhan Peserta PKPA sarjana Hukum UPB mengikuti Ujian Profesi Advokat Angkatan pertama di Aula UPB lantai ll, Batuaji, Batam, Sabtu (7/7/2018).

Universitas Putera Batam Gelar Ujian Profesi Advokat
Tribun/alfandi
Puluhan Peserta Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) sarjana Hukum Universitas Putera Batam (UPB) foto bersama usai mengikuti Ujian Profesi Advokat Angkatan pertama di Aula UPB lantai ll, Batuaji, Batam, Sabtu (7/7). 

TRIBUNBATAM.id - Puluhan Peserta Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) sarjana Hukum Universitas Putera Batam (UPB) dan juga dari luar Batam mengikuti Ujian Profesi Advokat Angkatan pertama di Aula UPB lantai ll, Batuaji, Batam, Sabtu (7/7/2018).

Ujian Profesi Advokat Angkatan pertama ini dilaksanakan mulai pukul 09.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Sejumlah peserta diawasi dengan dua orang pengawas dari Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi dan dua orang pengawas dari UPB Batam.

Suasana pelaksanaan ujian advokat terlihat hening di tengah puluhan peserta melaksanakan ujian.
Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UPB Batam, Rizki Tri Anugrah Bhakti menuturkan, kegiatan ujian advokat yang diadakan saat ini, adalah rangkaian kegiatan Peserta Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) sarjana Hukum UPB dan juga dari luar Batam yang dilaksanakan di UPB.

"Dalam kegiatan yang kita gelar ini, UPB bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Nasional Peradi, dan sejauh ini ada puluhan peserta yang sedang melaksanakan ujian advokat,"katanya.

"Di sini kita arahkan alumni UPB untuk mengikuti pendidikan sebagai advokat dan kita buka pendidikannya. Namun disamping itu, kita juga membuka pendidikan advokat untuk umum. Dan ternyata peminatnya bukan dari alumni UPB saja, melainkan dari universitas luar Batam dan mahasiswa alumni universitas lainya,"jelasnya.

Dia mengatakan untuk materi mengikuti ujian advokat kemampuan yang harus dimiliki oleh calon advokat itu adalah mulai dari skillnya seperti pemecahan masalah, konseling skill, nasehat cara bernegosiasi dan skill untuk meyakinkan dan keterampilan serta lain sebagainya.

"Jadi banyak materi yang diujikan kepada advokat ini, akan tetapi sesuai dengan apa yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan hukum. Karena mempersiapkan calon advokat ini yang handalnya itu bukan dari sisi keterampilan,tapi juga etika. Alhamdulillah antusias mahasiswa alumni Putera Batam sangat baik untuk mengikuti kegiatan ini. Begitu juga dari luar Batam,"ujarnya.

Dia menyebut kegiatan PKPA ini baru angkatan pertama, dan selanjutnya akan diadakan gelombang kedua, dan sudah lumayan juga yang mendaftar. Baik alumni UPB dan umum seperti dari universitas lainnya.

"Kurang lebih sudah ada puluhan yang mendaftar untuk gelombang kedua dalam pelaksanaan PKPA nanti,"katanya.

Dia menambahkan, bagi mahasiswa alumni Putera Batam dan dari luar Batam, cukup mengunjungi alamat Website Putera Batam untuk mengetahui informasi pendaftaran PKPA gelombang kedua. Selain itu, bisa langsung datang ke UPB Batam.

Halaman
12
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help