Harga Elpiji Tiga Kilogram di Tanjungpinang Jadi Rp 18 Ribu per Tabungnya? Ini Jawaban Sekda

Pemko Tanjungpinang segera melakukan penyesuaian harga elpiji tiga kilogram menyusul rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait

Harga Elpiji Tiga Kilogram di Tanjungpinang Jadi Rp 18 Ribu per Tabungnya? Ini Jawaban Sekda
TRIBUNBATAM/M IKHWAN
Sekdako Tanjungpinang Riono 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Pemko Tanjungpinang segera melakukan penyesuaian harga elpiji tiga kilogram menyusul rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Riono mengatakan penyesuaian harga dilakukan dengan menambahkan biaya operasional sebesar Rp 3.000. Sedangkan Harga Eceran Tertinggi (HET) tetap Rp15.000.

"Jadi yang naik biaya operasionalnya. HET Tetap Rp15.000. Ditambah biaya operasional pendukung Rp3.000. Jadi kita usulkan harga gas elpiji tiga kilogram Rp18.000," kata Riono yang juga Ketua TPID Tanjungpinang, Jumat (13/7/2018).

Baca: Inilah Kisah Sepatu di Balik Kemenangan Lalu Muhammad Zohri, Juara Dunia Lari 100 Meter U-20

Baca: Heboh Polisi Tendang Ibu-ibu Diduga Pencuri, Kapolri Copot Langsung Pamen Polda Babel

Baca: Terungkap! Kesaksian Juru Masak: Inilah Makanan Pantangan Pak Harto dan Bu Tien Semasa Hidup

Baca: TNI AU Nyaris Tembak Jatuh Jet Tempur AS Penyusup Setelah Kepergok Nyelonong ke Bawean!

Menurutnya, meskipun harga HET sebelumnya Rp15.000, namun masyarakat saat ini juga sudah membeli gas elpiji tiga kilogram Rp18.000 per tabung. Sehingga rencana penyesuaian harga oleh Pemko Tanjungpinang ini dihrapkan tidak membuat naik harga di pasaran.

"HET tidak bisa kita rubah karena itu ketentuan dari Kementerian ESDM. Jadi penyesuaian operasional penunjangnya," katanya.

Suasana pengantaran elpiji di pelabuhan di Bintan

Menurutnya ada beberapa alasan Pemko Tanjungpinang menyesuaikan harga elpiji. Pertama karena sejak 2009 memang belum ada penyesuaian. Sementara suku cadang sudah naik. Kemudian Upah Minimuam Kota juga sudah beberapa kali mengalami kenaikan.

"Kita juga paham keresahan masyarakat, kalau dinaikkan Rp18.000 per tabung, mereka khawatir harga di pasar naik jadi Rp20 ribu lebih. Oleh karena itu kita yakinkan bahwa nanti pengawasan akan diperketat. Kita juga bekerjasama dengan kepolisian," katanya.

Menurutnya, saat ini usulan kenaikan harga jual elpiji 3 kilogram sudah di meja walikota. Tinggal menunggu persetujuan walikota. Dia berharap bila nantinya disetujui, kebijakan tersebut nantinya bisa dipahami dan diterima semua pihak.

"Karena meskipun keberatan dinaikkan harganya jadi Rp18.000 toh saat ini pun harga di pasaran sudah Rp18.000," katanya. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help