Anak Terlihat Cemas di Hari Pertama Sekolahnya? Jangan Khawatir Atasi Lewat 4 Cara Ini

Seringkali anak cemas di hari pertama sekolah. Bagaimana cara menyiapkan mental sejak jauh hari agar anak tidak lagi merasa galau?

Anak Terlihat Cemas di Hari Pertama Sekolahnya? Jangan Khawatir Atasi Lewat 4 Cara Ini
Ketika Anak Cemas di Hari Pertama Sekolah 

TRIBUNBATAM.id - Seringkali anak cemas di hari pertama sekolah. Bagaimana cara menyiapkan mental sejak jauh hari agar anak tidak lagi merasa galau?

Salah satu hal yang membuat anak (terkadang juga orangtua) merasa 'galau' saat melepas anak sekolah adalah keenggan anak berpisah dengan ibunya saat hari pertama sekolah.

Untuk mengatasi hal itu, Weilin Han, seorang konsultan pendidikan, menuturkan, orangtua bisa melakukan beberapa hal untuk menyiapkan kondisi mental anak menjelang sekolah.

Baca: Link Live Streaming Persib vs Persela Lamongan. Kick Off Pukul 18.30 WIB

Baca: Cara Mudah Chatting WhatsApp tanpa Perlu Simpan Nomor. Begini Triknya

Baca: Deretan Fakta Piala Dunia 2018 - Prancis Juara. Tercipta 168 Gol, Luka Modric Pemain Terbaik

Pertama, ajak anak bermain sekolah-sekolahan. Hal ini tentu mudah karena anak-anak biasanya menyukai perilaku meniru, sebagaimana mereka kerap bermain dokter-dokteran atau pasar-pasaran dengan teman sebayanya.

Anda bisa memulainya dari hal sederhana, seperti mengenakan seragam, cara memegang pensil, atau membawa bekal.

Kedua, membangun kebiasaan yang kelak akan mendukung ritme hidup anak saat memasuki dunia sekolah. Misalnya, seminggu sebelum masuk sekolah mulai membiasakan untuk tidur lebih awal dan bangun pagi.

Selanjutnya, menyesuaikan dengan jadwal masuk sekolah pukul 07.30, pukul 06.15 anak sudah sarapan dan mandi.

Upaya ini penting agar anak tidak kaget. Terlebih, anak akan menghadapi banyak hal baru dalam kehidupannya: sekolah baru, jadwal baru, teman-teman baru.

“Kita harus mengondisikan anak agar bisa menyesuaikan dengan kebiasaan-kebiasaan barunya saat sekolah nanti secara bertahap,” papar Weilin.

Anak harus dibiasakan mulai dari bangun pagi, mandi, sarapan atau bawa bekal sendiri, dan berangkat ke sekolah sebagaimana seharusnya.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help