Presiden Jokowi Naikkan Tunjangan Kinerja Babinsa, Segini Jumlah dan Rinciannya

Presiden Jokowi menaikkan tunjangan kinerja babinsa terhitung bulan Juli ini. Segini besaran dan rinciannya!

Presiden Jokowi Naikkan Tunjangan Kinerja Babinsa, Segini Jumlah dan Rinciannya
Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat konferensi pers di Ruang Teratai, Istana Presiden, Bogor, Selasa (12/6/2018, mengenai terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB 

TRIBUNBATAM.ID, BANDUNG-Presiden RI Joko Widodo memberikan pengarahan kepada 4.555 orang Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari seluruh Indonesia di hanggar PT Dirgantara Indonesia (DI), Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (17/7/2018).

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Jokowi ini menyampaikan bahwa dirinya telah memerintahkan Kementerian Keuangan untuk menaikan tunjangan kinerja Babinsa di seluruh Indonesia.

Baca: Inilah Kisah Mata Hari, Mata-mata Cantik Keturunan Jawa yang Mengguncang Eropa!

Baca: Penerimaan CPNS 2018! Dibanding Tahun Lalu, Inilah Empat Hal Baru Seleksi CPNS Tahun Ini

Baca: Mengenal Agus Hernoto, Legenda Kopassus Berkaki Satu. Inilah Kisah di Baliknya!

Baca: Terungkap! Kesaksian Juru Masak: Inilah Makanan Pantangan Pak Harto dan Bu Tien Semasa Hidup

“Tahun lalu saya sudah perintahkan Menteri Keuangan untuk disiapkan anggaran untuk meningkatkan tunjangan kinerja Babinsa,“ kata Jokowi dalam sambutannya, Selasa pagi.

Lebih lanjut Jokowi menambahkan, kenaikan tunjangan kinerja untuk para Babinsa akan direalisasikan di bulan Juli 2018. “Sudah diterima atau belum?” tanya Jokowi kepada para Babinsa yang hadir.

Presiden RI Joko Widodo memberikan pengarahan kepada 4.555 orang Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari seluruh Indonesia di hanggar PT Dirgantara Indonesia (DI), Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (17/5/2018)
Presiden RI Joko Widodo memberikan pengarahan kepada 4.555 orang Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari seluruh Indonesia di hanggar PT Dirgantara Indonesia (DI), Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (17/5/2018) (KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANA)

Pertanyaan Jokowi dijawab serentak oleh para Babinsa. Mereka mengatakan jika tunjangan tersebut telah diterima. Dalam pidatonya, Jokowi menjelaskan kenaikan tunjangan kinerja Babinsa tipe A dari awalnya hanya Rp 104.000 per bulan per orang menjadi Rp 900.000 per bulan per orang.

Sementara untuk Babinsa tipe B dari semula Rp 440.000 per bulan per orang menjadi Rp 1.200.000 per bulan per orang. “Tujuannya karena saya tahu Babinsa berada di posisi barisan terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI dan menjaga Ketertiban di desa-desa,” jelasnya.

Jokowi mengatakan, usulan kenaikan tunjangan kinerja Babinsa disepakati setelah dirinya mendapatkan banyak keluhan dari para Babinsa setiap kali mengunjungi pelosok desa.

“Saya sebagai Presiden, kepala negara dan panglima tertinggi TNI menaruh perhatian yang sangat besar terhadap peningkatan profesionalisme yang berkaitan dengan kesejahteraan Babinsa. Setiap kali bertemu dengan Babinsa selalu yang masuk telinga saya adalah mengenai tunjangan kinerja,” ujarnya. (*)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Presiden Jokowi Naikkan Tunjangan Kinerja Babinsa

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help