Tanjungpinang Dipercaya Pemerintah Pusat Tangani Proyek Sanimas, Ini Detailnya

Pemko Tanjungpinang meneken perjanjian kerjasama infrastruktur berbasis masyarakat dengan pemerintah pusat di Hotel Sanur, Rabu (18/7/2018)

Tanjungpinang Dipercaya Pemerintah Pusat Tangani Proyek Sanimas, Ini Detailnya
Humas Pemko Tanjungpinang
Sekda Tanjungpinang Riono saat menghadiri acara di Bali, Rabu (18/7/2018) 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Pemko Tanjungpinang meneken perjanjian kerjasama infrastruktur berbasis masyarakat dengan pemerintah pusat di Hotel Sanur, Bali, Rabu (18/7/2018).

Acara imi dihadiri Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Riono didampingi Kepala Bappelitbang Surjadi dan Kepala Dinas PUPR Hendri.

Acara tersebut dihadiri 97 kabupaten/kota se-Indonesia yang memiliki komitmen yang tinggi untuk pelaksanaan sanitasi berbasis masyarakat (Sanimas) dan TPS 3R di daerahnya.

Direktur Jendral Cipta Karya Kementrian PUPR Dodi Krispatmady, mengatakan dengan ruang terbuka hijau yang bersih dan terpelihara dapat menurunkan tingkat emosi dan membuat kita menjadi orang yang lebih ramah.

Baca: Inilah 5 Ungkapan Cinta Mendalam Pasha pada Adelia Wilhelmina, Ternyata Gemar Puji Istri

Baca: Inilah Kisah Mata Hari, Mata-mata Cantik Keturunan Jawa yang Mengguncang Eropa!

Baca: Terungkap! Kesaksian Juru Masak: Inilah Makanan Pantangan Pak Harto dan Bu Tien Semasa Hidup

Baca: Polresta Barelang Mendadak Batalkan Ekspos Kasus SMPN 10 Batam, Ini Alasan Kapolresta!

Dirjen Cipta karya sangat mendukung upaya teesebut serta mendorong terwujudnya akses air minum yang aman untuk masyarakat.

"Sanimas dan TPS 3R setelah dibangun masyarakat tidak bisa dibiarkan begitu saja, tapi perlu terus dibantu pengembangannya terutama untuk mata rantai penjualannya," katanya.

Ia mencontohkan setelah plastik dipisah dan kompos sudah dibuat harus ada penyalurannya untuk penjualan, sehingga barang yang sudah diproduksi punya nilai jual.

Sekda Tanjungpinang Riono saat menghadiri acara di Bali, Rabu (18/7/2018)
Sekda Tanjungpinang Riono saat menghadiri acara di Bali, Rabu (18/7/2018) (Humas Pemko Tanjungpinang)

"Di beberapa daerah kompos yang sudah diproduksi di TPS dijual dan dibeli pemerintah kota/ kabupaten untuk taman kota. Sistem teesebut juga dapat dicontoh daerah lain di Indonesia," kata Dodi.

Pada kesempatan itu dilaksanakan perjanjian Kerjasama Sanimas dan TPS 3R antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah untuk sama-sama berkomitmen

sehingga dapat saling berkoordinasi dan bersinergi serta pembangunan berkelanjutan. Dodi berharap insfrastruktur bisa untuk meningkatkan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Sementara itu Riono disela-sela acara menyatakan bahwa Pemerintah Kota Tanjungpinang sangat mendukung program Sanimas dan TPS 3R.

"Kita sama-sama berkomitmen bagaimana sanitasi di daerah ini baik dan TPS 3R juga dapat berjalan dengan baik mulai dari proses pemilahan, pembuatan hingga pemasaran sehingga memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat," katanya.

Ia juga berharap agar masyarakat juga saling mendukung dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia yang semata-mata untuk memenuhi kebutihan masyarakat.

Riono menambahkan untuk Kota Tanjungpinang program Sanimas di Kampung Bugis melalui dana APBN 2018, sedangkan TPS 3R akan dilaksanakan di Tanjung unggat pada tahun depan. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved