Mengungkap Bisnis RI-Israel: Tak Ada Hubungan Diplomatik, Bisnis Wisata Rohani Jalan Terus

Meskipun Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Negeri Yahudi, Israel, namun hubungan bisnis kedua negara tetap berjalan.

Mengungkap Bisnis RI-Israel: Tak Ada Hubungan Diplomatik, Bisnis Wisata Rohani Jalan Terus
silversea.com
Yerusalem 

TRIBUNBATAM.id- Meskipun Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Negeri Yahudi, Israel, namun hubungan bisnis kedua negara tetap berjalan.

Mulai dari bidang pariwisata maupun perdagangan.

Seperti dikutip dari Kontan.co.id (Kamis (19/7/2018), hubungan bisnis wisata itu sangat dirasakan oleh para pelaku usaha biro perjalanan di dalam negeri.

Rio Pattiselano bisa sedikit bernafas lega, karena akhirnya bisa memberangkatkan puluhan peserta tur wisata rohani ke Kota Yerusalem dan sekitarnya, pada liburan Lebaran kemarin.

Maklum, ia sempat ketar-ketir lantaran pemerintah Israel mengeluarkan kebijakan melarang masuknya turis asal Indonesia ke wilayah yang mereka kuasai.

Israel mengeluarkan pengumuman itu 29 Mei, setelah semua peserta tur telah memenuhi syarat adminstrasi dan tinggal berangkat.

Baca: Inilah Saegheh, Drone Iran di Suriah Pembikin Israel Kalang Kabut. Ternyata Pakai Teknologi Siluman

Baca: Berani Menentang AS dan Ancam Bakal Serang Israel, Presiden Turki Erdogan Sukses Menangkan Pemilu!

Sedangkan larangan sedianya berlaku per 9 Juni 2018. Rio, pendiri sekaligus Direktur Rhema Tour, pun bersyukur lantaran Israel menunda penerapan larangan masuk bagi turis asal Indonesia, dari yang semula 9 Juni menjadi 26 Juni 2018 atau Selasa pekan ini.

Ya, Rhema Tour hanyalah salah satu dari puluhan perusahaan perjalanan wisata rohani yang membawa pelancong Indonesia untuk berkunjung ke negara-negara Timur Tengah,  seperti Mesir, Arab Saudi, Turki, Yordania, Palestina,  termasuk ke Kota Yerusalem yang kini dikuasai oleh Israel.

Pelesiran rohani ke negeri para nabi ini, diminati oleh warga Indonesia dari tiga agama, yakni Kristen, Katholik dan Islam.

Untuk wisata rohani bagi umat Islam, biasanya dipaket dengan ibadah umrah, yakni di sekitar Kota Makah dan Madinah, baru ke kota-kota lainnya. semisal menuju Yordania, menyeberang ke Yerusalem.

Halaman
1234
Editor: Sri Murni
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved