Korban Kebakaran di Kampung Belian Mendapat KTP Elektronik Pengganti dari Disdukcapil Batam

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam membagikan KTP elektronik kepada tiga puluh warga korban kebakaran Kampung Belian

Korban Kebakaran di Kampung Belian Mendapat KTP Elektronik Pengganti dari Disdukcapil Batam
TRIBUNBATAM/LEO HALAWA
Kepala Disdukcapil Kota Batam Said Khaidar berfoto bersama usai membagikan KTP elektronik pengganti bagi korban kebakaran di Kampung Belian, Jumat (20/7/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam membagikan KTP elektronik kepada tiga puluh warga korban kebakaran Kampung Belian Depan Beverly Batam Center di Gedung Bersama, Jumat (20/7/2018).

Pembagian KTP elektronik itu dibantu dengan bantuan perangkat perekaman melalui mobil perekam milik Pemko Batam.

Kadisduk Kota Batam Said Khaidar yang turut membagikan langsung KTP elektornik mengatakan, penerbitan KTP elektronik baru tersebut merupakan bagian dari keseriusan Pemko Batam memberikan bantuan.

Baca: BREAKINGNEWS: Karyawan Pt Sinar Cendana Ditemukan Tewas di Rumah Kosnya di Tanjunguncang

Baca: Nasrun Mengaku Tidak Yakin Janin di Rahim Mendiang Supartini adalah Anaknya

Baca: Begitu Masa Jabatannya Berakhir Bulan Depan, Wako Batam Langsung Ganti Direktur BUMD

 ''Seperti kita ketahui bahwa saudara-saudara kita banyak kehilangan harta benda. Termasuk surat-surat berharga seperti KTP, KK dan lainnya. Yang menjadi domain kami adalah KTP, KK dan akta, kami jemput bola untuk memberikannya,'' kata Said Khaidar.

Said mengatakan, pemberian KTP elektronik pengganti kepada korban tentu tidak semua.

"Berdasarkan data sementara, ada warga yang KTP masih alamat luar Batam. Tentu mekanismenya harus pindah. Data online, tidak bisa kita otak-atik database Disdukcapil lain,'' katanya.

Baca: Loker Batam Hari Ini - 8 Info Lowongan Kerja, Ini Posisi yang Dibutuhkan. Catat Persyaratannya Yaa

Baca: 10 Kiper dengan Transfer Termahal. Transfer Alisson Becker Tiga Kali Harga Kiper MU David De Gea

Said mengatakan, bagi warga yang kehilangan seperti akta dan KK yang sudah tecatat di database Disdukcapil Kota Batam bisa diurus kembali dalam waktu dekat. '

'Sekitar tiga puluhan jiwa khusus yang dewasa, sudah kami berikan langsung KTP, karena siap jadi. Untuk akta, nanti kami akan lihat database sesuai data yang kami terima dari RT korban kebakaran,'' tambahnya.

Putra, satu dari korban kebakaran mengaku senang mendapat prioritas pelayanan pembagian KTP elektronik secara cepat dan gratis.

"Bagaimana pun, KTP el dan berkas lainnya adalah berharga dan berguna. Apa lagi hidup di kota. Makasih pak pemko," kata Putra.

Diketahui, akibat bencana kebakaran yang terjadi di daerah tersebut pada Sabtu (14/7/2018) sore 192 KK dan 556 jiwa terpaksa merelakan sebagian harta dilalap si jago merah.

Termasuk berkas kependudukan. Tak hanya itu, beberapa yang diwawancari Tribun Batam, ada juga korban yang kehilangan ijazah akibat kebakaran.(leo)

Penulis: Leo Halawa
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help