Mellennial

Tubuh Overweight? Jangan Panik, Simak Trik Mengatasinya!

Punya tubuh overweight bikin kita jadi nggak percaya diri. Bagaimana cara mengatasinya? Simak trik berikut ini.

Tubuh Overweight? Jangan Panik, Simak Trik Mengatasinya!
TRIBUNBATAM/ISTIMEWA
overweight 

KELEBIHAN berat badan alias overweight selain membahayakan kesehatan juga bakal mengikis rasa percaya diri kita.

Ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan ukuran normal, akan membuat penampilan jadi terlihat tidak enak dipandang sehingga memunculkan perasaan risih. Overweight sendiri disebabkan oleh banyak faktor.

Tamari misalnya. Cewek ini mengaku sejak usia 17 tahun, ia mulai merasakan tubuhnya menjadi lebih gemuk. Dan hingga saat ini ia mencoba menjaga berat badan dengan mengatur pola makan.

"Saya suka junkfood dari dulu sampai sekarang. Tapi udah mulai dikurangi sedikit demi sedikit. Karena kayaknya makanan itu yang paling enak. Nggak suka sama sayur. Kalau buah beberapa aja," katanya.

Kurnia Andi, siswa kelas 3 SMA juga mengaku suka makan junkfood terutama makanan kesukaannya yakni mi instant goreng.

"Kalau makan mie instant bisa dua hari sekali, enak aja gitu mie gorengnya. Tapi saya sudah coba membatasinya namun belum bisa," ungkapnya.

Dr Anna Maria MW, dokter umum di Rumah Sakit Awal Bros Batam mengatakan, overweight ataupun juga obesitas adalah salah satu permasalahan remaja yang kini kerap banyak terjadi. Dan hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup dan faktor makanan yang tidak seimbang.

Agar tak sampai mengalami overweight, sebenarnya bisa diantisipasi dengan memperkirakan tubuh idealmu dari standar yang sudah ditentukan oleh Asian BMI.

Dengan menggunakan rumus IMT = berat badan dalam hitungan kilo (kg) dibagi tinggi badan yang dikuadratkan terlebih dahulu dihitung dalam satuan meter.

Jika hasil dibagi antara berat badan dengan tinggi badan yang sudah dikuadratkan, kurang dari 18.5 maka berat badan masih kurang.

Hasil 18.5 - 22.9 dikategorikan normal, hasil 23.0 - 27.4 diketegorikan pra obesitas, 27.5 - 32.4 obesitas kelas I, hasil 32.5 - 37.4 obesitas kelas II, dan hasil di atas 37.5 sudah dikategorikan obesitas kelas III.

"Obesitas bisa terjadi dipengaruhi karena banyaknya makan makanan instant dan berlemak tinggi. Dan bisa juga disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik," ujarnya.

Dr Anna juga mengatakan, olahraga sangat penting bagi tubuh. Dan paling tidak, kita membutuhkan olahraga tiga kali dalam seminggu. Dan untuk tinggi sekitar 150 cm hingga 160 cm hanya membutuhkan 1500 kalori dalam sehari. Dan obesitas biasanya terjadi di kota-kota besar.

Jadi sangatlah penting untuk mengetahui berat badan tubuh kita sendiri. Jika sudah berada dalam kategori overweight ada baiknya segerakan untuk konsultasi ke dokter. (*)

Tips
Hindari Kelebihan Berat Badan
1. Makan makanan seimbang setiap harinya
2. Kurangi makanan dengan lemak tinggi
3. Olahraga yang teratur
4. Kurangi makanan cepat saji
5. Jika sudah obesitas, segera konsultasikan ke dokter. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help