Dana BOS Nasional Cekak, Pemkab Bintan Luncurkan BOSDA. Segini Jumlahnya!

Pemkab Bintan menganggarkan Rp 2 miliar untuk Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA). Begini pembagian dan ini sekolah yang mendapatkan!

Dana BOS Nasional Cekak, Pemkab Bintan Luncurkan BOSDA. Segini Jumlahnya!
tribunbatam/aminnudin
Tampak siswa siswi SD di Bintan sedang berfoto bareng saat hari pertama masuk sekolah beberapa wakti lalu. Bulan ini, Pemkab buat terobosan khusus bantu sekolah dengan program dana Bosda 

TRIBUN, BINTAN-Pemkab Bintan menganggarkan Rp 2 miliar untuk Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA).

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, Rp 2 miliar BOSDA yang dianggarakan masih merupakan penyaluran semester I. Anggarannya sudah mulai disalurkan ke sekolah dan prioritas pertama adalah sekolah di daerah pesisir.

Baca: Simak! Inilah Kumpulan Lengkap Contoh Soal Tes CPNS 2018, Unduh dan Baca Syarat-syaratnya

Baca: Inilah Kisah Mata Hari, Mata-mata Cantik Keturunan Jawa yang Mengguncang Eropa!

Baca: Jangan Panik! Penyakit Asam Urat Dapat Diatasi Pakai 3 Ramuan Alami! Ini Rahasia Membuatnya!

Baca: Inilah Fahmi, Keluarga Terpandang dan Suami Inneke yang Terseret Kasus Kalapas Sukamiskin

"Ini pertama kalinya akan kita siapkan BOSDA mulai tahun ini. Setiap Sekolah Dasar (SD) akan menerima bantuan operasional daerah sebesar Rp 16 Juta persekolah, sedangkan untuk SMP sebesar Rp 19 Juta per sekolah," kata Apri Minggu, (22/7/2018).

Tentang BOSDA, Kadis Pendidikan Bintan Tamsir menjelaskan, program tersebut merupakan bantuan biaya operasional sekolah yang merupakan inisitif Pemda.

Anggaran dari dana BOS nasional selama ini dinilai belum memenuhi standar pembiayaan minimal sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Tampak siswa siswi SD di Bintan sedang berfoto bareng saat hari pertama masuk sekolah beberapa wakti lalu. Bulan ini, Pemkab buat terobosan khusus bantu sekolah dengan program dana Bosda
Tampak siswa siswi SD di Bintan sedang berfoto bareng saat hari pertama masuk sekolah beberapa wakti lalu. Bulan ini, Pemkab buat terobosan khusus bantu sekolah dengan program dana Bosda (tribunbatam/aminnudin)

Maka itu, demi memenuhi kekurangan dana BOS, Pemda di daerah menggarkan dana dalam bentuk BOSDA. Sehingga kekurangan sekolah dalam hal pembiayaan dapat sesuai dengan standar pembiayaan sekolah yang dibutuhkan.

Tapi perlu dicatat, peruntukan Bosda tidak sama dengan BOSNAS. Ini perlu dipagami sekolah sehingga nantinya tidak terjadi tumpang tindih penggunaan dana BOS antara yang nasional dan yang daerah.

Bosda diharapkan lebih banyak penggunaanya kepada peningkatan penataan lingkungan sekolah, peningkatan program penguatan pendidikan karakter dan, peningkatan sarana lainya.

"Jadi ini sebagai upaya dari pemerintah daerah untuk bagaimana mendukung bidang pendidikan dengan ikut membantu operasional sekolah agar sesuai dengan standar pembiayaan sekolah yang dibutuhkan,"kata Tamsir. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved