Berawal Penangkapan di Jalan Sutami, Polres Pinang Bongkar Jaringan Narkoba Dunia Malam

Polres Tanjungpinang mengamankan tiga orang pelaku peredaran narkoba yang diedarkan di tempat hiburan malam di Tanjungpinang pada (18/7/2018)

Berawal Penangkapan di Jalan Sutami, Polres Pinang Bongkar Jaringan Narkoba Dunia Malam
tribunbatam/wahib waffa
Tersangka kasus narkoba saat ekspos di Polres Tanjungpinang, Senin (23/7/2018) 

TRIBUNBATAM.Id, TANJUNGPINANG-Satresnarkoba Polres Tanjungpinang mengamankan tiga orang pelaku peredaran narkoba yang diedarkan di tempat hiburan malam di Tanjungpinang pada (18/7/2018). Tiga pelaku diamankan di antaranya berinisial RS, IK dan AM warga Tanjungpinang.

Mereka diamankan di tempat berbeda pada (18/7/2018). RS diamankan di Jalan Ir Sutami Suka Berenang Tanjungpinang dengan barang bukti 2 butir ekstasi. Saat dikembangkan, RS mendapatkan barang tersebut dari IK. Saat itu IK juga tertangkap pada malam yang sama di Pelantar II Tanjungpinang Kota.

Baca: Kasus SMPN 10 Batam Jadi Bola Panas, Pejabat Disdik Batam Ini Blak-blakan

Baca: Wanita Tulungagung Ini Sholat di Tengah Jalan Raya dan Dijaga Tentara, Begini Penampakannya

Baca: Gubernur Nurdin Mengakui Sekdaprov Kepri Dapat Sanksi dari Mendagri

Baca: Terungkap! Kesaksian Juru Masak: Inilah Makanan Pantangan Pak Harto dan Bu Tien Semasa Hidup

"Kita amankan IK setelah sebelumnya kita amankan RS. Barang bukti yang kita amankan dari IK total ada 23 butir ekstasi setelah kota amankan di TKP dan tempat tinggal pelaku," ujar Kasat narkoba Polres Tanjungpinang AKP Efendri Ali saat gelar ekspos di Polres Tanjungpinang (23/7/2018).

IK diamankan dengan barang bukti terpisah baik Di jalan dan di rumah pelaku. Dari hasil pengembangan, ternyata bukan saja IK, melaut ada bandar pemasok berinisial AM. Tak lama AM juga ikut diamankan di Jalan Depan hiburan malam Galaxi Rawasari.

"Barang bukti yang kita amankan dari AM dua butir ekstasi warna Redbull. Dan sabu dua butir Minion warna kuning. Dua paket sabu 1,5 gram masing-masing dan 8 butir hapy five. Dan uang 4,2 juta," katanya.

Tersangka kasus narkoba saat ekspos di Polres Tanjungpinang, Senin (23/7/2018)
Tersangka kasus narkoba saat ekspos di Polres Tanjungpinang, Senin (23/7/2018) (tribunbatam/wahib waffa)

Saat itu AM diamankan di parkiran galaxi. Saat itu barang bukti dari Am sama persis dengan barang bukti RS dan IK. Setelah diamankan pada malam itu juga di Parkiran hiburan malam Galaxi, dirumah pelaku juga ditemukan uang dan sabu.

"Uang itu adalah hasil penjualan kepada ok sebanyak 30 buktir yang kini tinggal 25 butir. AM ini mendapatkan barang dari seseorang yang masih kita dalami. Karena pengakuan AM mendapatkan barang tersebut dengan datang sendiri ke Malaysia untuk belanja Ekstasi," katanya.

AM sudah 3 bukan terakhir ini menjalankan bisnis haram itu dengan membeli sabu dari Malaysia. Satu butir beli barang tersebut kata AM dibeli dengan uang seharga 80 ribu rupiah. Setelah sampai di Indonesia, ia bisa menjual dengan harga 260 ribu.

Usut punya usut ternyata jaringan ini biasanya beraksi dan memasok Narkoba di tempat hiburan malam di Tanjungpinang. "Memang seperti itu. Yang berhubungan dengan hiburan malam itu adalah RS. AM pemasoknya dan IK berada dirumah yang siap mengantarkan," katanya lagi.

Pihaknya telah menargetkan untuk melakukan penangkapan sindikat jaringan tempat hiburan malam ini. RS biasa beraksi mencari pelanggan bdi tempat hiburan malam.setelah itu barulah IK datang untuk membawa barang yang dipesan dari RS dari Para pelanggannya di hiburan malam.

Akibat perbuatannya, pria berusia diatas 50 tahunnan itu diancam dengan pasal 112,114 dan 132 UU narkotika nomor 35 tahun 2009 hukuman penjara minimal 5 tahun hingga mati. Tak hanya itu pihaknya juga mengamankan 3 orang pelaku sabu dengan barang bukti yang relatif masih kecil dibawah 3,71 gram. (*)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved