Filipina Wajibkan Agen Kuwait Setor Rp145 Juta Jika Ingin Rekrut Pembantu Rumah Tangganya

Kali ini pemerintah Filipina memberlakukan aturan baru dengan Kuwait mengenai kerja sama ketenagakerjaan kedua negara.

Filipina Wajibkan Agen Kuwait Setor Rp145 Juta Jika Ingin Rekrut Pembantu Rumah Tangganya
AFP/YASSER AL-ZAYYAT
Duta Besar Filipina untuk Kuwait, Renato Villa, saat konferensi pers di Kuwait City. 

TRIBUNBATAM.id, KUWAIT CITY - Filipina membuka kembali jalur pengiriman tenaga kerja ke Kuwait, setelah sempat dihentikan pada April 2018 lalu.

Namun, kali ini pemerintah Filipina memberlakukan aturan baru dengan Kuwait mengenai kerja sama ketenagakerjaan kedua negara.

Kepala Serikat Pekerja Rumah Tangga Kuwait, Khaled al-Dakhnan, mengatakan, pemerintah Filipina telah mengeluarkan keputusan eksekutif terkait penggunaan tenaga kerja asal negaranya.

Berdasar keputusan tersebut, kantor tenaga kerja rumah tangga di Kuwait akan diwajibkan untuk menyetorkan uang sebesar 10.000 dolar (sekitar Rp 145 juta) kepada bank lokal Filipina untuk setiap pekerja Filipina yang direkrut.

Dilansir dari Al Arabiya, uang yang disetorkan itu disebutkan sebagai bentuk asuransi dalam kontrak kerja dengan tenaga kerja Filipina.

Baca: MARAH, Kuwait Usir Duta Besar Filipina. Semua Gegara Tindakan Staf Kedutaannya

Baca: Kuwait Gantung 7 Orang, Termasuk Keluarga Raja dan Wanita yang Bakar Puluhan Tamu di Pesta

Baca: JANGAN Remehkan Typo, Gegara Saltik Bubar Parlemen Kuwait dan Rugi Rp550 M Pemerintah AS

"Bahkan jumlah uang yang harus disetorkan akan bertambah menjadi lima kali lipat jika ada beberapa keluhan terhadap pengguna tenaga kerja Filipina," kata Dakhnan.

"Jumlah uang asuransi yang disetorkan tersebut akan terpotong jika pekerja belum menyelesaikan kontrak mereka atau jika mereka belum menerima gaji atau jika ada keluhan lain," tambahnya.

Terkait aturan baru tersebut, Kedutaan Besar Filipina untuk Kuwait mengklarifikasi bahwa besaran asuransi yang harus dibayarkan tersebut akan disimpan dalam rekening bersama.

Rekening tersebut hanya bisa dicairkan apabila syarat dan kondisi yang disepakati kedua pihak, yakni antara agensi perekrutan dengan tenaga kerja yang disewa terpenuhi.

Selain itu, pembayaran asuransi tersebut tidak serta merta diberlakukan untuk setiap warga negara Filipina yang bekerja di Kuwait.

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help