Motion

Ingin Lestarikan Budaya Daerah Asal

Paguyuban ini merupakan kumpulan warga Batam yang berasal dari Sulawesi Utara dan dipersatukan di Kota Batam.

Ingin Lestarikan Budaya Daerah Asal
TRIBUNBATAM/ISTIMEWA
Paguyuban Kerukunan Keluarga Kawanua Batam 

TETAP bersosialisasi dengan orang yang berasal dari satu daerah saat di perantauan adalah hal yang sangat menyenangkan. Dan hal tersebut bisa dirasakan saat bergabung dengan komunitas atau paguyuban daerah tertentu.

Paguyuban Kerukunan Keluarga Kawanua Batam (K3B) misalnya. Paguyuban ini merupakan kumpulan warga Batam yang berasal dari Sulawesi Utara dan dipersatukan di Kota Batam.

Komunitas ini terbentuk berawal dari berkumpulnya penggagas Arthur Walewangko, Fret Y. Kawet dan Emmy Juliana Malonda di rumah yang dituakan, yaitu Keluarga almarhum Yosept Wuisan, 21 April 1975 silam.

"Pada awal dibentuknya anggotanya hanya 10 orang dan saat ini sudah menjadi sebuah paguyuban yang cukup banyak anggotanya," ujar Sekretaris Umum K3B, Diane Tengker pada Tribun, Jumat (29/6).

keluarga Kawanua Batam
Paguyuban Kerukunan Keluarga Kawanua Batam (TRIBUNBATAM/ISTIMEWA)

Diane melanjutkan, keberadaan paguyuban Kawanua yang disingkat K3B bertujuan menghimpun semua warga Batam yang berasal dari tanah Toar Lumimuut Minahasa.

Mencoba untuk mengakomodir anggota untuk tetap melestarikan budaya. Seperti gotong royong yang lebih dikenal dengan "Mapalus".

Sebagai bagian kecil juga mengaplikasikan semboyan kawanua "Si Tou Timou Tumou Tou" yang artinya manusia hidup untuk menghidupkan orang lain.

"Kami memang orang Kawanua namun warga Batam sebagai wujud dari kecintaan kami pada tanah Melayu K3B berkontribusi penuh dalam kegiatan Pemerintah Kota Batam, terutama dalam menggalang persatuan dan kesatuan dengan semua masyarakat di Kota Batam," paparnya. (*)

Pengurus sampai Tingkat Kecamatan

PENGURUS K3B saat ini adalah kepengurusan periode 2017-2020. Ketuanya dipilih saat MUBES ke-IV K3B.
Pengurus inti terdiri dari Ketua Umum, Yance Raranta, SE. Wakil Ketua Umum, Johny Pangalila, Sekretaris Umum Diane E. Tengker, Wakil Sekretaris Umum, Frangky Liogu, Bendahara, Orwy Watuseke, dan Wakil Bendahara, Nolla Tuuk.

Halaman
123
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help