Sebaiknya Anda Tahu

Inilah Trik Foto Momen Gerhana Bulan saat Berwarna Merah Darah dengan Ponsel

Syaratnya, ponsel dilengkapi fitur long exposure sehingga bisa menangkap cahaya merah bulan saat gerhana

Inilah Trik Foto Momen Gerhana Bulan saat Berwarna Merah Darah dengan Ponsel
KOMPAS.com/Shutterstock
Ilustrasi Blood moon yang terjadi pada tahun 2011 

TRIBUNBATAM.ID-Menjadi fenomena gerhana bulan total (GBT) terlama sepanjang abad 21, sayang kalau kita sampai melewatkan momen ini dan tidak mengabadikannya.

Apalagi, di malam itu banyak fenomena langit lain yang mengikuti. Mulai dari fenomena minimoon, oposisi Mars yang terlihat lebih terang, dan puncak hujan Piscis Austrinids yang tergolong hujan meteor periodik.

Untuk mengabadikan gerhana bulan total atau blood moon, idealnya memakai kamera DSLR atau mirrorless dengan lensa telefoto.

Baca: Blood Moon 28 Juli - Simak! Inilah 4 Keistimewaan Gerhana Bulan Total pada 28 Juli 2018

Baca: Terungkap! Kesaksian Pengawal, Inilah Alasan Sebenarnya Soeharto ke Bosnia Tanpa Rompi Antipeluru

Blood moon yang terjadi pada tahun 2011
Blood moon yang terjadi pada tahun 2011 (KOMPAS.com/Shutterstock)

Baca: Terungkap! Inilah Senjata Andalan Kopassus Lumpuhkan Pasukan Khusus Amerika: Durian!

Baca: Inilah Kisah Mata Hari, Mata-mata Cantik Keturunan Jawa yang Mengguncang Eropa!

Jika Anda tidak memiliki kamera DSLR atau mirrorless dengan lensa telefoto, jangan berkecil hati. Anda tetap dapat menggunakan kamera dari ponsel.

Syaratnya, ponsel dilengkapi fitur long exposure sehingga bisa menangkap cahaya merah bulan saat gerhana. Long exposure merupakan durasi kamera untuk menangkap momen.

"Gunakan kecepatan rana rendah dengan pencahayaan beberapa detik tergantung iso dan diafragma," jelas Mutoha Arkanuddin, pembina Jogja Astro Club kepada Kompas.com, Kamis (26/7/2018).

Bersiaplah, Gerhana Bulan 28 Juli Nanti Digadang-gadang Akan Jadi yang Terlama di Abad 21
Bersiaplah, Gerhana Bulan 28 Juli Nanti Digadang-gadang Akan Jadi yang Terlama di Abad 21 (National Geographic)

Ponsel yang mendukung fitur foto manual, disarankan Mutoha untuk memasang aplikasi seperti FV-5 atau sejenisnya. "Akan lebih menarik, jika saat memotret dibarengi dengan turunnya hujan meteor dengan foreground merahnya bulan saat total. Catatan, gunakan cakupan yang lebar," imbuhnya.

Selain cara di atas, beberapa trik di bawah ini juga bisa diikuti: Menggunakan iPhone Ponsel pintar Apple menggunakan aplikasi kamera bawaan yang relatif seragam, jadi cara-cara berikut bisa diterapkan di sebagian besar model iPhone.

1. Matikan flash Fitur flash hanya akan menerangi obyek yang dekat dari ponsel dan tidak berpengaruh pada bulan. Untuk mematikan flash, ketuk ikon bergambar petir di sisi atas aplikasi kamera dan pilih “off”.

2. Zoom in jika perlu Lensa tele pada beberapa model iPhone (iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus, dan iPhone X) bisa membuat bulan tampak lebih besar di layar, tanpa mengurangi kualitas gambar.

Halaman
1234
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help