Bendungan di Laos Jebol, Banjir Bandang Sampai Kamboja. Ratusan Warga Hilang dan Ribuan Dievakuasi

Ribuan warga Kamboja yang tinggal di sepanjang tepian Sungai Sekong dievakuasi karena banjir bandang kiriman dari Laos, negara tetangganya.

Bendungan di Laos Jebol, Banjir Bandang Sampai Kamboja. Ratusan Warga Hilang dan Ribuan Dievakuasi
straitstimes
Banjir di Laos 

TRIBUNBATAM.id- Ribuan warga Kamboja yang tinggal di sepanjang tepian Sungai Sekong dievakuasi karena banjir bandang yang melanda wilayah itu.

Banjir tersebut terjadi akibat jebolnya bendungan di negara tetangganya, Laos.

Para Tentara pun dikerahkan untuk membantu mengevakuasi warga serta barang-barang berharga milik mereka, termasuk sepeda motor.

Evakuasi dilakukan menggunakan perahu kayu di provinsi timur laut Kamboja, Stung Treng.

"Air masih tinggi, jadi lebih banyak orang akan dievakuasi," kata Men Kong, juru bicara pemerintah, kepada Agence France-Presse (AFP) seperti dikutip TRIBUNBATAM.id dari Straitstimes, Jumat (27/7/2018).

Di provinsi Attapeu, daerah terpencil Laos, tim penyelamat harus bekerja keras melawan arus banjir yang deras guna mencari korban. Wilayah ini merupakan bagian terparah karena sangat dengat dengan bendungan Xe-Pian Xe-Namnoy yang dibangun dengan dana sekitar 1,2 miliar dolar AS.

Banjir di Laos
Banjir di Laos (straitstimes)

Media pemerintah mengatakan, ada 27 orang dikonfirmasi tewas dan 131 orang hilang di Attapeu, yang berbatasan dengan Vietnam di timur dan Kamboja di selatan.

Lebih dari 3.000 orang dan beberapa di antaranya telah bertahan selama tiga hari terakhir di atap seng rumah yang terendam, dilaporkan masih menunggu untuk diselamatkan.

Tim bantuan dari Cina, Vietnam, dan Thailand bergabung dengan tentara Laos dan relawan lokal dalam upaya pencarian dan penyelamatan.

Kemarin sore, Angkatan Udara Republik Singapura C-130 berangkat ke Laos membawa makanan, air kemasan, tenda, persediaan medis dan perahu karet.

Halaman
123
Penulis: Sri Murni
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help