Kerjasama BP Batam - BNN RI. Heru Winarko: Kita Harap Warga Pesisir Paham Bahaya Narkoba

Kepala BNN RI, Komjen Pol Heru Winarko mengatakan, upaya P4GN perlu digalakkan agar masyarakat Kepri tidak menjadi korban narkoba

Kerjasama BP Batam - BNN RI. Heru Winarko: Kita Harap Warga Pesisir Paham Bahaya Narkoba
INSTAGRAM/LENSA_BNN
Badan Pengusahaan (BP) Batam berkomitmen mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika di wilayah Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam. Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol Heru Winarko 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - BP Batam dan BNN RI menandatangani kerjasama dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika di wilayah Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Penandatanganan nota kesepahaman itu sudah dilakukan Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol Heru Winarko.

BP Batam menyebutkannya komitmennya mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, salah satunya dengan meningkatkan pengawasan di pintu keluar-masuk masuk Batam.

Baca: Cegah Peredaran Narkoba di Batam, BP Batam Jalin Kerjasama dengan BNN RI

Baca: Mabes TNI Turun Cek Langsung Proyek Bhakti di Anambas, Pak Kolonel Usap Cat Dinding Sekolah

Baca: Ketua KPPU Batam Bingung, Stok Telur Tersedia Mengapa Harganya Tetap Tinggi?

Seperti di Bandara Hang Nadim. Tahun lalu BP Batam melalui unit kerja Kantor Bandar Udara Hang Nadim berhasil menggagalkan 17 kali usaha penyelundupan narkotika, dengan total barang bukti 16.826,90 gram sabu beserta 2.230 butir ekstasi.

Kemudian dari Januari hingga Juli 2018, tercatat sebanyak 22 kali upaya penyelundupan narkotika berhasil digagalkan, dengan total 23.692 gram sabu.

Sementara di Pelabuhan, Kantor Pelabuhan Laut Batam bersama dengan bea cukai dan instansi vertikal terkait berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 4,5 kg ganja di pelabuhan Telaga Punggur dan 971 gram sabu di pelabuhan internasional Batam Center pada 2017 lalu. Tahun 2018 sebesar 2.678,13 gram sabu di pelabuhan internasional Batam Center dan 1,37 ton sabu di pelabuhan Batuampar.

"Meski begitu, kami di BP Batam masih membutuhkan dukungan dari BNN untuk memaksimalkan deteksi dini usaha penyelundupan narkotika di lingkungan kerja bandara dan pelabuhan internasional Batam," ujar Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo.

Kepala BNN, Komjen Pol Heru Winarko mengatakan, lewat penandatanganan nota kesepahaman itu diharapkan BP Batam bisa melakukan upaya P4GN di lingkungan yang menjadi tanggungjawab BP Batam, seperti di bandara dan pelabuhan.

Begitupun, ia meminta kepada legislatif dan eksekutif di Kepri, khususnya Batam bisa membuat peraturan daerah atau peraturan gubernur, agar upaya P4GN bisa fokus sampai ke desa-desa.

"Termasuk di pelabuhan rakyat. Kita harapkan masyarakat di pesisir bisa paham dengan bahaya narkoba. Sehingga ada ketahanan. Kalau ada barang-barang masuk ke lingkungan, tahu ini narkoba atau tidak," kata Heru.

Ia mengatakan, upaya P4GN perlu digalakkan agar jangan sampai masyarakat Kepri menjadi korban narkoba. Narkoba dapat merusak kesehatan.

"Jangan dikasih makanan tak tahunya itu narkoba. Narkoba itu ada empat jenis efeknya. Membuat depresi, yang capek jadi bersemangat, membuat halusinasi, dan ketergantungan. Kita jaga jangan sampai masyarakat tergantung dengan narkoba," ujarnya. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved