Ketua KPPU Batam Bingung, Stok Telur Tersedia Mengapa Harganya Tetap Tinggi?

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Perwakilan Batam menginpeksi mendadak (sidak) di Pasar Toss 3000, Jumat (27/7/2018).

Ketua KPPU Batam Bingung, Stok Telur Tersedia Mengapa Harganya Tetap Tinggi?
tribun batam
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Perwakilan Batam melakukan sidak di Pasar Toss 3000, Jumat (27/7/2018). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Perwakilan Batam menginpeksi mendadak (sidak) di Pasar Toss 3000, Jumat (27/7/2018).

Sidak dilakukan terkait tingginya harga telur dan ayam di Kota Batam.

Dari beberapa pedagang yang dikunjungi, didapati harga telur ayam yang bervariasi antara Rp41 ribu sampai Rp43 ribu per papan (30 butir).

"Dari yang sebelumnya sampai Rp 45 ribu. Jika kita bandingkan sebelum lebaran kemarin cuma Rp 30 ribu. Berarti masih ada kenaikan harga. Kita ingin tahu kenapa belum turun-turun sampai sekarang," kata Ketua KPPU Kantor Perwakilan Batam Akhmad Muhari, di lokasi sidak.

Ia menambahkan, dari beberapa toko, stoknya cukup, tetapi harganya tetap mahal.

Memang bahan pokok hampir semuanya dari luar Batam, seperti Medan. Dalam waktu dekat, dia mengaku akan menanyakan hal tersebut ke Medan.

Baca: Kenaikkan Harga Telur Ayam - Disperindag Kota Batam Segera Gelar Sidak

Baca: Harga Telur Mahal, Begini Cara Menyimpan Telur Agar Awet Lebih Lama

Baca: Satgas Pangan Polda Kepri Selidiki Kenaikkan Harga Telur. Hasilnya Mengejutkan!

"Kita akan tanyakan apakah ada masalah dengan produksi telur tersebut? Kalau ada dimana masalahnya, apakah karena memang ada gejolak ular, atau pakan. Memang pakan ada yang beberapa di impor terutama jagung. Kita akan lihat seberapa besar dampaknya kepada harga," jelas Akhmad.

Diakuinya para pedagang mengatakan dari awal diambil dari distributor harga telur memang mahal. Jadi ditambah lagi para pedagang mengambil keuntungan.

"Sehabis sidak ini saya akan melakukan penelitian kenapa harga telur ini masih mahal. Kenapa harganya belum normal lagi seperti hari-hari biasanya," katanya.

Ayam didatangkan dari Medan

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help