333 Pendaki Gunung Rinjani Terjebak. Longsor Pasca-Gempa Lombok. Satu Pendaki Tewas

Sebanyak 333 pendaki Gunung Rinjani tak bisa turun karena terjebak longsoran yang diakibatkan oleh gempa Lombok, Minggu (29/7/2018).

333 Pendaki Gunung Rinjani Terjebak. Longsor Pasca-Gempa Lombok. Satu Pendaki Tewas
Twitter
Gerbang kawasan wisata Gunung Rinjani rusak setelah gempa Lombok 6,4 SR. Sebanyak 333 pendaki dilaporkan terjebak longsor dan satu orang tewas. 

TRIBUNBATAM.id, DENPASAR - Sebanyak 333 pendaki Gunung Rinjani tak bisa turun karena terjebak longsoran yang diakibatkan oleh gempa Lombok.

Menurut informasi yang diperoleh, hingga pukul 15.00 Wita, ratusan pendaki tersebut tak bisa turun karena jalur yang menuju basecamp tertutup longsor.

Satu pendaki warga negara Indonesia dilaporkan tewas dalam persitiwa tersebut, namun belum diketahui bagaimana kronologi kejadian.

Longsor terjadi setelah gempa bermagnitudo 6,4 mengguncang pulau Lombok dan Sumbawa, Minggu (29/72018) pagi.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Sudiyono memberikan instruksi agar para pendaki mencari posisi aman terlebih dahulu.

"Kita minta mereka ambil posisi yang aman saja dulu karena jalan tertutup oleh longsor," ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com (29/7/2018).

Sudiyono menambahkan TNGR sudah berkoordinasi dengan Basarnas Mataram, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) beserta TNI/Polri guna melakukan evakuasi.

Sudiyono juga mengatakan ada satu pendaki WNI dilaporkan meninggal dunia.

Namun ia belum tahu pasti identitas korban.

"Posisi korban masih di atas sedang kita pikirkan upaya evakuasinya," ungkapnya.

Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved