Pascadihantam Gelombang Panas, Kini Jepang Diterjang Angin Topan Jongdari

Setelah sebelumnya sempat diterjang serangan gelombang panas selama beberapa hari, kini Jepang diterpa bencana angin topan.

Pascadihantam Gelombang Panas, Kini Jepang Diterjang Angin Topan Jongdari
NASA EARTH OBSERVATORY / EARTHOBSERVATORY.NASA.gov
Angin Topan Jongdari menerpa Jepang. 

TRIBUNBATAM.id, TOKYO - Setelah sebelumnya sempat diterjang serangan gelombang panas selama beberapa hari, kini Jepang diterpa bencana angin topan.

Topan Jongdari, yang membawa angin berkecepatan 180 kilometer per jam, bergerak dari timur ke wilayah Jepang barat.

Dilaporkan stasiun televisi nasional, NHK, topan tersebut tiba di wilayah Ise di Prefektur Mie sekitar pukul 01.00 dini hari, pada Minggu (29/7/2018).

Menurut Badan Meteorologi Jepang, angin topan telah menyebabkan hujan lebat di Jepang timur sebelum bergerak ke barat.

Angin kencang turut menyebabkan gelombang laut tinggi di sepanjang garis pantai Shimoda, di barat daya Tokyo.

Di Prefektur Kanagawa, satu orang dilaporkan hilang, sementara kendaraan termasuk ambulan dibuat terjebak tengah jalan akibat terjangan gelombang laut.

Angin topan diperkirakan akan bergerak menuju wilayah barat Chugoku, yang sebelumnya sempat diterjang tanah longsor akibat curah hujan tinggi.

Baca: Gelombang Panas Landa Jepang, Suhu 41,1 Derajat Akibatkan 77 Orang Tewas

Baca: Pose Tiduran di Kereta Ditertawai Orang Jepang, Begini kata Chika Jessica : Aku Mah Gak Dendam

Baca: Perhatian pada Islam, Insinyur Jepang Ini Ciptakan Masjid Bergerak. Ternyata Banyak yang Pesan

Ancaman terjadinya hujan lebat, tanah longsor, angin kencang, dan gelombang tinggi memaksa otoritas setempat memperingatkan kepada warga untuk melakukan evakuasi dini.

"Kami ingin warga, terutama yang berada di wilayah yang dilanda hujan lebat untuk mempertimbangkan saran evakuasi," kata pejabat badan meteorologi, Minako Sakurai, dilansir AFP.

Pemerintah Kota Shobara barat di prefektur Hiroshima telah mengeluarkan perintah evakuasi untuk sekitar 36.400 penduduknya, termasuk 991 orang yang sangat perlu untuk pindah ke tempat perlindungan.

Perintah dan saran evakuasi lebih banyak dikeluarkan oleh otoritas di Jepang barat, termasuk Kure di prefektur Hiroshima, di mana sekitar 6.380 warga didesak untuk mengungsi.

Di Jepang, perintah evakuasi tidak wajib diikuti dan warga yang memilih untuk tetap bertahan di rumah, kerap kali berujung terjebak oleh air yang naik dengan cepat atau tanah longsor yang tiba-tiba.

Ancaman Topan Jongdari telah menyebabkan lebih dari 410 penerbangan domestik dibatalkan, sementara gelombang tinggi memaksa layanan feri yang menghubungkan Tokyo dengan pulau-pulau terdekat juga dibatalkan. (kompas.com/ Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Angin Topan Melanda Jepang, Satu Orang Dilaporkan Hilang"

Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help