BP Batam Tak Lama Lagi Resmikan Layanan Keliling Pengurusan Izin Lahan Pembayaran UWT

Direktur PTSP BP Batam, Ady Soegiharto mengatakan, saat ini pihaknya masih mempersiapkan infrastruktur untuk mendukung layanan tersebut

BP Batam Tak Lama Lagi Resmikan Layanan Keliling Pengurusan Izin Lahan Pembayaran UWT
INSTAGRAM/BP BATAM
Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam, Ady Soegiharto 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - BP Batam akan segera meresmikan layanan kelilingnya untuk pengurusan Izin Peralihan Hak (IPH) dan Uang Wajib Tahunan (UWT) di tengah-tengah masyarakat.

Layanan keliling ini menjadi salah satu terobosan yang bakal dihadirkan BP Batam terkait pengurusan lahan.

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam, Ady Soegiharto mengatakan, saat ini pihaknya masih mempersiapkan infrastruktur untuk mendukung layanan tersebut.

Baca: Bayar Rp2 Juta, Anda Bisa Langsung Huni Rumah di Puri Agung Residence Batam

Baca: Smartfren Hadirkan Modem Terbaru WiFi M6, Dilengkapi Layar LED yang Mudahkan Konsumen

Baca: Ini Sosok Cewek Cantik yang Jenguk Ahok di Penjara, Berikut Foto-fotonya

Rencananya, layanan keliling tersebut mulai berjalan 13 Agustus nanti. Sebelumnya, memang ada rencana untuk peluncurannya pada Juli lalu, namun diundur.

"Kalau tak ada perubahan, Kepala BP Batam akan meresmikannya tanggal 9 Agustus ini," kata Ady kepada wartawan, Kamis (2/8/2018).

Tahap awal akan ada dua mobil layanan keliling yang beroperasional, selanjutnya, dimungkinkan penambahan unit mobil melihat kondisi di lapangan.

"Layanan keliling ini nantinya akan melakukan sosialisasi program-program dan kebijakan yang dikeluarkan BP Batam," ujarnya.

Ady berharap kehadiran layanan keliling ini bisa memudahkan masyarakat dalam hal pengurusan izin atau lainnya di bidang lahan.

Begitu juga dengan informasi terbaru terkait terobosan dan pelayanan BP Batam lainnya.

Sebelumnya diberitakan, BP Batam kembali membuat terobosan di bidang pelayanan lahan.

Jika di kepolisian ada Samsat keliling, kantor lahan BP Batam rencananya akan menerapkan hal serupa untuk pelayanan Izin Peralihan Hak (IPH) dan Uang Wajib Tahunan (UWT).

"Jadi nanti kantor lahan akan jemput bola ke masyarakat," kata Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, beberapa waktu lalu.

Hal ini dilalukan untuk semakin meningkatkan pelayanan BP Batam kepada masyarakat.

Di sisi lain sekaligus mendekatkan diri BP Batam dengan masyarakat. Lukita menyadari adanya potensi dan keinginan dari masyarakat untuk melakukan legalitas lahannya. Baik untuk perubahan IPH maupun keinginan membayar UWT dan lain hal.

"Saat ini pelayanan IPH sudah baik. Tapi masih banyak masyarakat yang belum tahu. Mau bayar UWT, sekarang kan ada kebijakan tak harus tunggu pecal PL (penetapan lokasi). Jadi bisa diurus sendiri," ujarnya. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved